Senin 08 Sep 2014 16:48 WIB

Daker Jeddah Sediakan Mobil Golf untuk Jamaah Risti (1)

Jamaah haji lansia (ilustrasi). Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Jamaah haji lansia (ilustrasi). Foto: Antara/M Risyal Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Zaky Al Hamzah

JEDDAH -- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daker Jeddah Kementerian Agama (Kemenag) RI menyediakan satu unit mobil golf untuk melayani jamaah haji lanjut usia, berkebutuhan khusus serta kategori risiko tinggi (risti).

Menurut Ketua Daerah Kerja (Daker) Jeddah, Ahmad Abdullah Yunus, penyediaan mobil golf ini baru diterapkan kali pertama pada pelayanan musim haji tahun ini (1435 H).

"Kita mengajukan penyewaan dua unit mobil golf ke pihak pengelola bandara, namun disetujui satu unit, tapi ini sebuah kemajuan," kata Ahmad Abdullah Yunus, kepada Republika, di Plaza Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Ahad (8/9) siang. 

Meski disetujui satu unit mobil golf, namun kapasitas kursi ada enam (termasuk supir). Menurutnya, ada sejumlah manfaat keberadaan mobil golf ini.

Pertama, mengangkut jamaah calon haji (JCH) yang tua, risti, sakit dan berkebutuhan khusus. Jumlah JCH dalam satu kelompok penerbangan (kloter) mencapai 350 orang hingga 450 orang. Sekitar 50-60 persen jamaah calon haji merupakan kategori risti atau berusia lanjut (di atas 50 tahun).

Sebagain besar dari mereka kelelahan setelah melakukan penerbangan selama sembilan jam hingga 10 jam dari Indonesia ke Bandara Jeddah. Untuk itu, beban mereka akan sedikit terkurangi dengan adanya mobil golf ini.  

Kedua, menjadi sarana koordinasi antara petugas PPIH dengan sejumlah instansi terkait di sekitar bandara, yakni dengan pengurus atau pejabat terkait di bandara.

Instansi terkait yang melayani jamaah calon haji asal Indonesia maupun jamaah haji dari negara lain adah penyambutan, imigrasi, bea cukai, Maktab Wukala hingga Naqoba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement