Senin 08 Sep 2014 16:51 WIB

Daker Jeddah Sediakan Mobil Golf untuk Jamaah Risti (2)

Jamaah haji lansia (ilustrasi). Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Jamaah haji lansia (ilustrasi). Foto: Antara/M Risyal Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Zaky Al Hamzah

Maktab Wukala adalah Kantor Pelayanan Terpadu di Bandara Jeddah. Tugasnya menyambut kedatangan jamaah haji di pintu–pintu gerbang (penerbangan) yang telah ditetapkan dan menerima paspor-paspor milik jamaah haji.

Sedangkan Naqoba merupakan organisasi yang mengatur perusahaan bus untuk memberangkatkan jamaah haji ke Madinah (untuk jamaah yang tiba pada Gelombang 1) dan ke Makkah (untuk Gelombang 2).  

Ketiga, mobil golf ini sangat bermanfaat untuk mengantarkan kebutuhan konsumsi para petugas PPIH yang bertugas berjaga di sekitar Plaza Bandara. Dalam sehari, terdapat dua shift petugas PPIH.

"Juga untuk mengangkut kebutuhan ATK, serta katering jamaah haji yang jarak antara mobil box dengan bus pengangkut relatif jauh," jelas Kadaker.

Selain mobil golf, menurut Kadaker, pihaknya juga mengusulkan keberadaan tenda tertutup bagi petugas PPIH di sekitar Plaza Bandara.

Plaza Bandara merupakan tempat transit bagi jamaah calon haji yang baru turun dari pesawat dan hendak melanjutkan perjalanan naik bus menuju Kota Madinah.

Sejauh ini, bangunan permanen yang sudah disetujui pengelola bandara adalah Klinik Kesehatan BPHI Daker Jeddah yang biasa disebut Oktagon. Bangunan baru ini bisa untuk menyimpan ATK, komputer serta arsip dan sarana lain.

"Bangunan baru semi permanen atau permanen ini semacam Oktagon. Tapi, sampai saat ini, usulan bangunan itu belum ada, mudah-mudahan tahun depan," harap Kadaker Jeddah.

Sementara itu, Kementerian Haji Arab Saudi menyediakan 10 mobil golf untuk melayani jamaah haji lanjut usia dan berkebutuhan khusus pada musim haji tahun ini (1435 H).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement