Rabu 10 Sep 2014 15:31 WIB

70 Persen Jamaah Kloter I Berisiko Tinggi

Jamaah haji lansia (ilustrasi). Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Jamaah haji lansia (ilustrasi). Foto: Antara/M Risyal Hidayat

Oleh: Zaky Al Hamzah, Neni Ridarineni

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Sebanyak 453 jamaah calon haji (JCH) Kloter pertama dari Embarkasi Jakarta tiba di Makkah Pukul 00.05 waktu arab saudi (WAS) Rabu (10/9) dini hari tadi di pemondokan G10 yang berada di Sektor G Maktab 45 atau berjarak satu kilometer (km) dari Masjidil Haram.

Dari 453 orang jamaah, sebanyak 312 orang atau 70 persen jamaah berstatus risiko tinggi (risti), sebagian lanjut usia dan sakit. Termasuk 107 orang yang usianya di atas 60 tahun. Beberapa jamaah yang lansia ada yang pakai kursi  dorong. Ada juga yang digandeng oleh sesama jamaah karena kakinya mengalami osteoarthritis  dan lain-lain. Namun secara keseluruhan kondisi mereka mampu menjalankan umrah wajib di Masjidil Haram.

Data dari dokter kloter 1 Embarkasi Jakarta, Achmad Dimas, sebanyak 312 jamaah yang risiko tinggi, lanjut usia dan sakit tersebut adalah rinciannya: 70 jamaah lanjut usia, 113 teridap hipertensi dan sekitar 100 terdeteksi memiliki kolesterol tinggi. "Karena itu, kami imbau para jamaah agar memperhatikan kesehatannya," kata Dimas. n zaky al hamzah/neni ridareni

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement