Sabtu 13 Sep 2014 20:04 WIB

Hari ke-12, Tujuh Jamaah Calon Haji Meninggal

Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.
Foto: Republika/Tommy Tamtomo/ca
Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Zaky Al Hamzah

MADINAH -- Memasuki hari ke-12 pemberangkatan jamaah calon haji (JCH) melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah dan Bandara Pangeran Muhammad bin Abdulaziz Madinah, sebanyak 62.908 jamaah calon haji dari 150 kloter sudah tiba di Tanah Suci.

Sedangkan, selama hari ke-12 tersebut, tujuh jamaah calon haji dilaporkan meninggal dunia. "Jamaah calon haji yang sudah berada di Madinah berjumlah 48.210 orang dari 115 kloter. Sisanya mendarat di Bandara Jeddah," ujar Kasi Siskohat Madinah, Nurhanuddin kepada Media Center Haji (MCH) Madinah di Madinah, Jumat (12/9) malam.

Sebagian jamaah haji juga sudah diberangkatkan ke Makkah. Mereka yang diberangkatkan ke Makkah sudah selesai menjalankan Shalat Arbain atau salat 40 waktu di Masjid Nabawi, Madinah.

Menurut laporan, sebanyak jamaah calon haji yang sudah di Makkah berjumlah 11.209 orang dan berasal dari 27 kloter. Sebanyak 135 orang di antaranya adalah petugas kloter.

Sementara itu, tujuh jamaah calon haji dilaporkan meninggal dunia di Madinah dan Jeddah. Berikut tujuh jamaah calon haji yang wafat di Tanah Suci:

1. Musdalifah binti M Saleng (75) meninggal di Masjid Nabawi pada 5 September, berasal dari embarkasi Ujung Pandang kloter 1

‎2. Ipati binti Tappa (70) meninggal dunia di pemondokan pada 8 September, jamaah kloter 3 embarkasi Balikpapan

3. Masrukhah binta Sajidin (60) meninggal di RS Arab Saudi pada 10 September, jamaah kloter 7 embarkasi Surabaya (gangguan pernafasan)

4. Irwan Janin Harahap (77) meninggal di pemondokan pada 10 September‎, jamaah kloter 5 embarkasi Jakarta (penyakit kanker)

5.‎ Lotong Tamba Mete (60), meninggal di Pemondokan, jamaah kloter 5 dari embarkasi Balikpapan, meninggal hari ini (trauma thorak)

6. Yansuri Zainal Abidin (66) meninggal di Masjid Nabawi, ‎jamaah kloter 7 dari embarkasi Palembang, meninggal hari ini‎ (pendarahan otak akibat hipertensi)

7. Rudi bin Said (52 tahun), meninggal saat di perjalanan ke Jeddah. Rusdi berasal dari embarkasi Surakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement