Ahad 14 Sep 2014 13:49 WIB

Manasik Haji di Firdaus Fatimah Zahra Tampilkan Replika Bandara Arab

Rep: Antara/ Red: Indah Wulandari
Manasik Haji
Foto: Antara
Manasik Haji

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG--Biro umrah dan haji membangun kompleks tempat manasik haji yang membuat para jamaah calon haji serasa benar-benar sedang berada di Arab Saudi.

"Kami sudah membangun sebuah kompleks tempat manasik haji lengkap dengan berbagai replika tempat suci di Mekkah," kata Direktur Utama PT Fatimah Zahra Mochammad Rifky, Ahad (14/9).

Di kompleks tempat manasik haji yang diberi nama Firdaus Fatimah Zahra itu, terdapat berbagai replika tempat suci, seperti replika Masjidil Haram, replika Ka'bah, dan Maqam Ibrahim.

Ada pula replika Padang Arafah, Bukit Safa dan Marwah untuk berlatih "sai" (berlari-lari kecil antara kedua bukit itu), replika Mina, Muzdalifah, dan Jabal Rahmah.

Bahkan, suasana serasa di Arab pun dihadirkan melalui replika Imigrasi Bandara King Abdul Aziz, Arab Saudi yang didesain menyerupai aslinya untuk memudahkan jemaah calon haji dalam berlatih.

"Rencananya, kami juga akan membeli pesawat asli yang sudah tidak dioperasikan. Para jamaah calon haji bisa merasakan berada di pesawat, memakai sabuk pengaman, dan sebagainya," katanya.

Dengan tempat manasik haji yang relatif detail seperti itu, Rifky mengatakan pengenalan yang diberikan kepada para jamaah lebih jelas sehingga mereka paham dan tak lagi canggung setibanya di Arab.

Ia mengatakan kompleks tempat manasik haji yang terletak di kawasan Gunungpati, Semarang, itu, sudah mulai dipergunakan pada 25 Mei 2014 untuk jemaah calon haji yang diberangkatkan Fatimah Zahra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement