Selasa 16 Sep 2014 15:21 WIB

Mabrur Berhaji dengan Komik Haji (1)

Komik haji karya A Luqman.
Foto: Republika/Tahta Aidilla/ca
Komik haji karya A Luqman.

Oleh: Zaky Al Hamzah      

"Assalamualaikum saudaraku calon jamaah haji. Ingat buku yang saya pegang? Betul, inilah komik haji. Panduan haji yang sangat dikenal jamaah sejak 13 tahun lalu. Alhamdulillah, kabarnya komik ini membantu kelancaran ibadah jamaah."

Kalimat pembuka ini mengawali halaman pertama komik haji berjudul Cara Mabrur Naik Haji dan Umrah karya A Luqman dan kawan-kawan. Luqman adalah penggagas komik haji pertama di Indonesia.

Komik haji di tangan saya saat ini merupakan edisi revisi (total) pertama cetakan September 2013 oleh penerbit Nirmana. Komik ini diterbitkan kali pertama pada 14 tahun silam atau November 2000 dengan judul sama. Luqman sebagai penyusun naskah dibantu Cahyo Baskoro sebagai kartunis.

Saya mengenal dan membaca buku ini bukan hanya lewat bantuan ''Mbah'' Google atau dari resensi buku. Tapi, saya beruntung bertemu langsung sosok A Luqman di ruang VIP Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Ahad (13/9) malam.

Pertemuan antarjurnalis. Status dia malam itu adalah jamaah calon haji (calhaj) dari salah satu biro perjalanan haji khusus. Dia duduk, saya berdiri saat kami berbincang.

Komik edisi (total) pertama ini terdiri atas 52 halaman full color. Semua halaman memuat gambar-gambar yang menarik, atraktif, mudah dimengerti, dan lucu sehingga mendorong orang untuk membaca.

Ditambah, info grafis yang memadai bagi jamaah haji. Hingga, berbagai istilah haji yang berkaitan pada tata cara ibadah haji pun bisa tertuang secara mudah. Seluruh persoalan ritual haji pun terjawab dengan paparan singkat yang mudah dipahami. Bahkan, bisa sambil senyum.

Jamaah haji cukup melihat dan membaca sedikit tulisan dalam komik tersebut. "Rasanya, sudah paham tanpa membaca semua materi tentang panduan haji," ungkapnya, tersenyum.

Komik haji pertama di Indonesia ini secara runtut memberikan bimbingan, mulai tahapan pertama berupa persiapan, baik fisik maupun mental, selama berada di Tanah Suci, sampai kembali ke Tanah Air. Siapa pun mereka yang sudah beribadah haji atau hendak menunaikan haji, komik haji ini mempercepat pemahaman ritual haji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement