Jumat 19 Sep 2014 05:28 WIB

Piju, Pembimbing Ibadah Jamaah Uzur di Tanah Suci

Rep: neni ridarineni/ Red: Damanhuri Zuhri
Balai Pengobatan Haji Indonesia daerah kerja Makkah
Foto: Heri Ruslan/Republika
Balai Pengobatan Haji Indonesia daerah kerja Makkah

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- "Ya Allah, Wahai Tuhan manusia, sembuhkan penyakit saya, beri hamba kesehatan, beri hamba ketenangan hati, beri hamba kekuatan, untuk melaksanakan panggilan-Mu, beri hamba kekuatan untuk melaksanakan ibadah haji.''

Itulah penggalan doa yang disampaikan Siti Robi'atul Adawiyah, yang bertugas sebagai Piju (Pembimbing Ibadah Jamaah Uzur) di salah satu ruang perawatan BPHI (Balai Pengobatan Haji Indonesia) saat membimbing seorang pasien di BPHI Makkah.

Pasien pun menirukan doa yang disampaikan Robiatul sambil meneteskan air mata. Usai membimbing doa, Siti berkata pada ibu Penderita Diabetes  ini, ''Ibu dalam hati sebut Allah-Allah. Insya Allah doa ibu diijabah Allah. Meski ibu di sini sama dengan di Masjidil Haram. Ibu seperti di depan Ka'bah. Semangat... optimis ya Bu, nanti bisa haji dengan sempurna,''kata dia.

Menurut Kepala BPHI Makkah Agus Widyatmoko, di BPHI ada enam orang Piju yang terdiri dari empat mahasiswa Mesir dan dua orang mahasiswa Sudan.

Mereka bertugas untuk mengurus ibadah sehari-hari para pasien di BPHI termasuk shalat lima waktu dan mencari atau mencek  siapa saja pasien yang belum melaksanakan umrah wajib .

''Kebanyakan pasien sudah berihram, tetapi belum sampai Masjidil Haram sehingga belum thawaf dan sa'i. Karena  pasien sudah sakit lebih dulu sebelum umrah,''kata Siti.

Sampai Rabu sore (17/9) ada 23 pasien yang belum berumrah dari sekitar 52 pasien yang dirawat di BPHI. Selain dirawat di BPHI, jamaah haji Indonesia ada yang dirawat di RS Arab Saudi, karena peralatannya lebih lengkap.

Rumah sakit Arab Saudi yang merawat jamaah haji Indonesia antara lain: Rumah Sakit An Noor, Rumah Sakit Zaher, Rumah Sakit Hera dan Rumah Sakit Syisya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement