Jumat 19 Sep 2014 09:28 WIB

Turun dari Pesawat, Nenek Patimah Berontak Minta Pulang (1)

Salah seorang jamaah haji lansia.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang/ca
Salah seorang jamaah haji lansia.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Zaky Al Hamzah

JEDDAH -- Ada-ada saja perilaku Patimah Abdulllah binti Abdullah. Nenek berusia 75 tahun berontak kepada petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Indonesia beberapa menit setelah turun dari pesawat dan keluar dari gate imigrasi Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Kamis (18/9) sore waktu arab saudi (WAS).

"Nenek ini ingin pulang, teringat anak-anaknya di Kalimantan," ujar Ahmad Mustofa, ketua rombongan 7 Kelompok Penerbangan (Kloter) 1 Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsek) ini.

Aksi berontak jamaah haji asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini, membuat kewalahan petugas PPIH. Tidak ingin aksinya mengganggu jamaah lain, nenek ini dibawa petugas ke Klinik Kesehatan (Oktagon) yang terletak di Plaza Bandara Jeddah.

Nenek ini kemudian mendapatkan suntikan untuk menenangkan diri. Sejumlah petugas kesehatan dibantu wartawan Media Center Haji (MCH) sampai berupaya merayu nenek ini agar tenang.

Meski sudah disuntik dan dirayu berkali-kali, Patimah yang sudah bungkuk ini sekonyong-konyong berlari. Berulang kali Nenak Patimah ingin 'melarikan diri'.

Petugas kesehatan Daerah Kerja Jeddah berusaha 'engamankannya supaya petugas keamanan Arab Saudi tidak 'mencokoknya' karena dianggap mengalami gangguan jiwa.

Terjadi tarik menari antara petugas dengan sang nenek. Ucapan yang keluar adalah bahasa daerah Banjar, sehingga membuat bingung sebagian besar petugas kesehatan dan wartawan MCH. Untungnya ada jamaah asal Banjarmasin yang memahami ucapan si nenek ini.

Sang nenek mengaku selalu ingat nasib anaknya di Banjarmasin. "Anak saya tidak ada yang urus," kata dia dengan logat bahasa Banjar yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement