Senin 29 Sep 2014 02:45 WIB

Subhanallah, Lima Pemuda Pilihan Berangkat Haji (3)

Ibadah haji merupakan salah satu momen untuk memperluas semangat persaudaraan Islam.
Foto: Antara
Ibadah haji merupakan salah satu momen untuk memperluas semangat persaudaraan Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Zaky Al Hamzah

Dia pun memiliki amalan yang membuatnya menerima undangan haji. Ustaz H Masrur Syamhari meminta Ramlisamaleba menemuinya di Jakarta.

Kemudian, sosok keempat adalah Saifullah Slamet Surip (Bogor). Dari kelima pemuda ini, dia adalah pemuda paling muda, yakni kelahiran 16 Desember 1985 ini. Meski paling muda, dia adalah guru hafiz (penghafal Alquran) dan sudah hafal 30 juz.

Kemampuannya menghafal 30 juz dan menjadi guru hafiz sejak beberapa tahun di Ponpes Bina Madani yang berlokasi di Ciawi, Bogor, Jawa Barat ini, membuat dirinya terpilih untuk berhaji.

Surip pun datang ke kediaman Ustaz H Masrur Syamhari di Jakarta, beberapa hari lalu. Sedangkan pemuda terakhir adalah Ahmad Syihabuddin Hasan.

Saya belum sempat berbincang dengan sosok berkacamata ini. Karena dia terlihat kekelahan dan lebih banyak diam saat saya berbincang dengan empat rekannya. Yang pasti, Hasan juga memiliki amalan dan doa khusus yang membuat dirinya dipanggil Allah SWT untuk berhaji.

Kelimanya mengaku tidak saling kenal. Tempat pendidikan atau ponpes yang dinaunginya juga tak berafiliasi dengan Yayasan Bina Madani, kecuali Ponpes Tahfiz Bina Madani di Bogor.

Kelimanya kemudian berangkat dari daerahnya masing-masing ke Jakarta untuk bertemu Ustaz H Masrur Syamhari.

Ustaz Masrur kemudian memproses visa, tiket dan pendaftaran general service ke Kementerian Haji Arab Saudi. Menurut Krisdiyanto, Ustaz Masrur pernah bekerja di Kedubes Arab Saudi di Indonesia.

"Karena diurus semua, kami tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Undangan haji ini dianggap beliau sebagai hadiah atas prestasi kami. Kami kaget juga, karena tidak merasa apa-apa, artinya, prestasi saya belum," kata Krisdiyanto. Mereka pun terbang ke Arab Saudi dengan pesawat Saudi Airlines dan mendarat Sabtu (27/9) malam WAS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement