Senin 29 Sep 2014 10:36 WIB

Kloter Terakhir Tiba di Jeddah

Pesawat yang membawa jamaah haji ke Tanah Suci.
Foto: Republika/Edwin DP/ca
Pesawat yang membawa jamaah haji ke Tanah Suci.

Oleh: Zaky Al Hamzah, Jeddah, Arab Saudi

 

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Kelompok terbang (kloter) terakhir rombongan jamaah calon haji Indonesia mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAIA), Jeddah, Arab Saudi, tepat pukul 17.15 waktu arab saudi (WAS) atau pukul 21.15 WIB, Ahad (28/9). Rombongan jamaah berasal dari Kloter 27 Embarkasi Makassar (UPG-27) namun berisi jamaah dari tiga embarkasi.

Jumlah keseluruhan jamaah calon haji yang diterbangkan dari Bandara Internasional Hasanuddin ini diangkut dengan pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA-2108 dengan total jamaah sebanyak 379 orang. Kloter ini merupakan gabungan atau disebut "Kloter Sapu Jagad" karena merupakan kloter gabungan dari tiga embarkasi, yaitu Embarkasi Ujungpandang dengan 145 jamaah, Embarkasi Lombok (115 jamaah), dan Embarkasi Banda Aceh sebanyak delapan Jamaah.

Sebelumnya, sebanyak 349 orang jamaah dari kloter 71 Embarkasi Solo (SOC-71) mendarat di Bandara Jeddah pada pukul 15.25 WAS. Kloter ini gabungan dari dua embarkasi (Kloter Sapujagat), yaitu Solo sebanyak 302 jamaah dan Medan dengan 47 orang. Kloter terkahir ini merupakan kloter ‘Sapu Jagad’, yang berisi jamaah ‘titipan’ yaitu jamaah yang sudah masuk embarkasi, tetapi tidak bisa berangkat bersama rombongannya, akibat sakit atau kondisinya tidak memungkinkan diberangkatkan pada saat itu.

Sehingga jamaah gabungan atau titipan ini diikutkan kelompok terbang (kloter) terakhir atau menjelang penutupan closing date bandara akibat kebijakan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi setiap menjelang pelaksanaan Wukuf di Arafah pada Jumat nanti (3/10).

Pantauan ROL, mayoritas jamaah dalam kloter Sapu Jagad ini berisi sejumlah jamaah resiko tinggi (risti), jamaah usia lanjut, serta jamaah yang menggunakan kursi roda. 

Berdasarkan Tim Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daker Jeddah menyebutkan total jamaah calon haji (CJH) Indonesia yang telah masuk di Tanah Suci sebanyak 154.467 Jamaah dari 375 kelompok terbang (kloter) dari 13 Embarkasi, yaitu Batam (BTH), Medan (MES), Padang (PDG), Makassar (UPG), Solo (SOC), Balikpapan (BPN), Bekasi (JKS), Pondok Gede (JKG), Surabaya (SUB), Banda Aceh (BTJ), Lombok (LOP), Banjarmasin (BDJ), dan Palembang (PLM).

Kepala PPIH Daker Jeddah Ahmad Abdullah Yunus tampak menyambut kedatangan jamaah calon haji kloter terakhir. "Alhamdulillah, proses kedatangan jamaah haji kloter terakhir ini berjalan lancar," katanya.

Ratusan jamaah haji dari klSedangkan jamaah calon haji Indonesia melalui Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang sudah mendarat di Bandara KAIA Jeddah sampai pukul 21.30 WAS berjumlah 9.259 orangjamaah dari 116 PIHK (Haji Khusus).

Sementara itu, selain kedatangan jamaah haji reguler dan khusus, Tim Media Center Haji (MCH) Jeddah masih melihat puluhan jamaah non kuota yang terlantar di Plaza Bandara atau ruang transit kedatangan jamaah hingga Ahad tadi malam.

Dari pantauan MCH, terdapat dua rombongan jamaah non kuota (kloter) yang sudah menunggu sekitar enam jam di ruang transit bandara. Yaitu jamaah dari PT Al-Aziz Tour dan Travel sebanyak 24 jamaah dan sebanyak 22 jamaah yang diterbangkan bersama Izza Group Haji, Umroh dan Wisata Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement