Rabu 08 Oct 2014 21:47 WIB

Jamaah Haji Lokal Kembali ke Kota Masing-Masing

Rep: c64/ Red: Agung Sasongko
Sekelompok peziarah Muslim membuat jalan mereka untuk melemparkan batu pilar, melambangkan rajam Setan, dalam sebuah ritual yang disebut
Sekelompok peziarah Muslim membuat jalan mereka untuk melemparkan batu pilar, melambangkan rajam Setan, dalam sebuah ritual yang disebut "Jamarat," ritual terakhir dari haji tahunan, di lingkungan Mekah, Sabtu, 4 Oktober Mina, 2014.

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Sejumlah besar peziarah lokal telah kembali ke kota masing-masing setelah ritual haji usai dilakukan. Para peziarah lokal ini merasa puas akan pelaksanan haji tahun ini, menurut mereka musim haji tahun ini merupakan salah satu musim haji yang paling sukses, seperti dalam laporan Arab News, Rabu (8/10).

"Kali ini adalah ketiga kalinya saya melakukan ibadah haji dan saya harus mengakui bahwa semua layanan yang disediakan tahun ini sangat luar biasa," ujar Hamza Saeed, seorang jamaah asal Yordania yang berdiam di Jeddah.

Ia menambahkan, ritual ibadah haji tahun ini sangat lancar dan semuanya berjalan dengan sangat terorganisir. "Semua ini berkat kerja keras dari pemerintah Saudi dan para penjaga selalu membantu kami dengan segala cara yang memungkinkan,".

Selain itu, ia pun mendapatkan fasilitas dengan baik, makanan yang berkwalitas, air murni, medis, jasa transportasi dan pasokan haji pelayanan haji yang memungkinkan mereka untuk berkonsentrasi beribadah.

Demikian pula dengan yang dirasakan peziarah lokal yang menikmati paket haji mudah dan murah, salah satu program Kementerian Haji. Yang mana, program tersebut bertujuan untuk memberikan ritual haji dengan biaya murah namun dengan menyertai kemudahan dan kenyamanan.

"Sebelumnya, masyarakat mengeluhkan biaya haji yang tinggi. Kemudian pada tahun ini, Kementerian Haji memperkenalkan layanan haji murah dan mudah untuk para peziarah lokal. Selain itu para, agen tour haji pun memastikan kami mendapatkan perjalanan yang mulus dari Riyadh ke kota suci Makkah dan melakukan ziarah dengan damai" Ali Abdullah, seorang jamaah haji lokal yang menikmati paket haji murah dan mudah tahun ini.

Ia menambahkan, untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini, ia hanya perlu menghabiskan sekitar 5000 real Saudi untuk tiga anggota. Padahal, sebelumnya tercacat harus menghabiskan 10 ribu real Saudi.

"Saya senang bahwa haji tahun ini dapat berjalan dengan sangat baik dan yang paling penting adalah pelayanan yang diberikan kepada kami sangat besar." jelasnya.

Selain itu, semua jamaah haji memuji Asosiai Pramukan Arab Saudi (SASA) atas dukungan dan bantuan mereka dalam memberikan kemudahan kepada para jamaah.  Faiz Khan, seseorang asal Pakistan yang berdiam di Jeddah mengatakan, anaknya yang berusia 10 tahun menghilang selama perjalaan dari Mina ke Arafah.

"Tetapi, dengan bantuan para petugas itu anak saya dapat ditemukan dalam satu jam saja. Saya benar-benar berterimakasih kepada mereka dan menghargai apa yang telah mereka lakukan dengan cepat," ujarnya.

Para petugas itu tersebar di seluruh situs-situs suci yang bertugas untuk membantu para jamaah menemukan jalan mereka dan membantu para orang tua dan anak-anak mereka.

Meskipun begitu, masih saja ada yang menyatakan ketidakpuasan mereka terhadap layanan yang diberikan. Dari penerbangan paket murah dan kwalitas pelayanan meskipun telah membayar biaya yang besar.

"Kami berharap mereka akan meningkatkan jumlah peziarah domestik yang dapat menikmati paket haji murah dan mudah itu tahun depan. Sehingga, sangat terjangkau bagi orang-orang yang berpenghasilan rendah." kata Yousef, seorang penduduk yang berdiam di Jeddah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement