Rabu 15 Oct 2014 07:36 WIB

PPIH Madinah Coret Satu Perusahaan Katering

Jamaah haji menikmati hidangan dari perusahaan katering.
Foto: Republika/Tommy Tamtomo/ca
Jamaah haji menikmati hidangan dari perusahaan katering.

Oleh: Zaky Al Hamzah

MADINAH – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Indonesia di Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Madinah mencoret satu dari 10 perusahaan katering. Perusahaan yang dicoret adalah Victory Taste akibat menyediakan makanan basi untuk jamaah haji Indonesia pada gelombang satu.

Perusahaan tersebut dipastikan tak ikut melayani puluhan ribu jamaah haji untuk gelombang dua yang mulai memasuki Kota Madinah pada Senin (13/10) petang waktu Arab Saudi.

"Jumlah perusahaan katering di gelombang pertama ada sepuluh perusahaan. Namun, ada yang melakukan kesalahan fatal yaitu makanannya basi. Akhirnya sesuai dengan sanksi dalam kontrak, perusahaan ini harus dicoret dan tak memasok makanan lagi ke jamaah haji gelombang dua," kata Kepala PPIH Daker Madinah Nasrullah Djasam kepada Media Center Haji (MCH) di Kantor Misi Haji Indonesia di Madinah, Selasa (14/10) siang WAS.

Sesuai kontrak, perusahaan Victory Taste ini diharuskan menyediakan porsi sebanyak 17 ribu paket per satu waktu makan. Akibat tindakan bandel (nakal) perusahaan ini, PPIH terpaksa mengalihkan porsi sebanyak belasan ribu paket tersebut ke sembilan katering lain yang masih melanjutkan kontrak.

Keputusan tersebut diambil setelah PPIH melakukan evaluasi terhadap pelayanan perusahaan katering yang melayani jamaah haji pada gelombang pertama.

"Di akhir gelombang pertama kita melakukan evaluasi jadi perangkingan itu. Jadi sisa 17 ribu paket makanan yang ditangani satu perusahaan ini, kita alihkan ke perusahaan rangking satu. Kalau mereka tidak sanggup menyediakan pasokan makanan sebanyak 17 ribu paket, maka kita alihkan lagi kepada perusahaan katering yang rangking di bawahnya. Itu sesuai urutan," terang Nasrullah.

Tim Katering PPIH Daker Madinah sendiri terus melakukan sidak ke tiap-tiap perusahaan katering. Sidak dilakukan setiap saat untuk memastikan semua perusahaan katering mematuhi perjanjian yang sudah dibuat.

Rekomendasi pencoretan satu perusahaan katering yang memberikan makanan basi juga disampaikan oleh Tim pengawas katering PPIH Daker Madinah.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement