Jumat 17 Oct 2014 12:27 WIB

Animo Warga Jatim Pinjam Dana Talangan Haji Tinggi

Rep: Antara/ Red: Indah Wulandari
Tabungan haji menyimpan dana calon jamaah Haji
Foto: jurnalhaji.com
Tabungan haji menyimpan dana calon jamaah Haji

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA--Bank Perkreditan Rakyat Syariah Karya Mugi Santosa (BPRS KMS) mencatat minat masyarakat Jawa Timur menggunakan dana talangan haji cukup tinggi.

"Besarnya animo masyarakat Jatim untuk berangkat haji terlihat dari dana talangan haji yang kami salurkan hingga September 2014 terealisasi senilai Rp 12 miliar," kata Kepala Kas Kantor Pusat BPRS KMS, M Aly Fahmi Firmansyah, Jumat (17/10).

Menurut dia, BPRS KMS sebenarnya baru pertama kali menyalurkan dana talangan haji pada tahun ini, namun hal itu justru mendapat tanggapan positif dari masyarakat Jatim.

"Apalagi kami satu-satunya BPRS yang mengalokasikan dana talangan haji ini," ujarnya.

Selain itu, jelas dia, untuk memudahkan penyaluran dana talangan haji maka salah satu pelaku perbankan syariah tersebut menggunakan Dana Pihak Ketiga (DPK) tersendiri.

"Untuk mendapatkan dana talangan haji, masyarakat bisa menjadi nasabah kami. Mereka cukup menyetor uang muka sebesar Rp5,7 juta per nasabah," katanya.

Setelah itu, nasabah akan mendapat dana talangan dari BPRS KMS dan uang nasabah akan disetorkan ke Bank Mandiri Syariah (BSM) sebagai bank korespondensi. Upaya itu dikarenakan BSM adalah bank yang mendapatkan kuota pendaftaran haji.

"Dalam proses itu nasabah tidak perlu repot karena nama mereka akan didaftarkan di kantor Kementerian Agama untuk mendapatkan nomor antrean berangkat haji," katanya.

Mengenai besaran dana talangan haji, sebut dia, masing-masing nasabah mendapatkan senilai Rp23 juta. Sementara, untuk jadwal keberangkatan mereka maka pihak perbankan itu patuh terhadap mekanisme pemerintah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement