Selasa 21 Oct 2014 16:56 WIB

Bagasi Jamaah Haji Gelombang Dua Mulai Ditimbang

Jamaah haji di Madinah.
Foto: Republika/Natalia Endah Hapsari/ca
Jamaah haji di Madinah.

Oleh: Zaky Al Hamzah, Madinah, Arab Saudi

 

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Pemulangan jamaah haji Indonesia ke Tanah Air terus bergulir. Jamaah haji gelombang dua yang sudah menjalankan Shalat Arbain di Masjid Nabawi Madinah sudah bersiap pulang ke Tanah Air. Pada Senin (20/10 kemarin, sudah dilakukan penimbangan kopor milik jamaah haji gelombang dua yang akan segera pulang ke Tanah Air melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

Tim penimbangan bagasi jamaah haji di Madinah yang berasal dari Petugas Haji Sektor Bir Ali memulai menimbang kopor milik jamaah haji dari lima embarkasi yakni SOC 36, SOC 37, SOC 38, PDG 11 dan UPG 11. Salah satunya penimbangan dilakukan di Hotel Baha Azahra yang terletak tak jauh disamping kanan Masjid Nabawi Madinah. Saat dilakukan penimbangan, petugas menemukan kelebihan muatan di sejumlah koper jamaah haji, sehingga koper tersebut terpaksa dibongkar lagi oleh pemiliknya karena kelebihan kapasitas.

Menurut salah satu Koordinator Tim Penimbangan Bagasi Jamaah Haji di Madinah, Abdul Aziz, ditemukan tujuh koper yang melebihi kapasitas maksimal 32 kg. Ketujuh koper itu dibuka oleh pemiliknya. "Selanjutnya dikurangi isinya dan ditimbang kembali," kata Aziz, kepada MCH Madinah, Senin (20/10). Rata-rata, kelebihan barang yang dikeluarkan dari koper berkapasitas lebih adalah berisi buah kurma.

Setelah beratnya sesuai dengan ketentuan maskapai penerbangan, koper jamaah haji tersebut dikirim ke kontainer kargo untuk dibawa ke Bandara Jeddah. "Koper dibawa ke Jeddah, jamaah haji tersebut akan diterbangkan ke Tanah Air pada hari Rabu (22/10) . Berat total keseluruhan kopor jamaah di hotel Baha Azahra yang berisi 374 jamaah haji dari SOC 36 sekitar 9.876 kilogram (kg)," kata Aziz.

Ia menjelaskan, penimbangan bagasi jamaah haji gelombang dua akan terus dilakukan setiap hari menjelang kepulangan jamaah ke Tanah Air. Hingga Senin (20/10) siang waktu arab saudi (WAS), jumlah jamaah haji Indonesia yang sudah  dipulangkan ke Tanah Air saat ini 62.977 orang jamaah.

Sementara itu, sebanyak 111 kloter jamaah haji Indonesia saat ini masih berada di Makkah. Jamaah haji gelombang dua terus didorong ke Madinah untuk melaksanakan Shalat Arbain (salat  wajib 40 waktu tanpa putus). Data PPIH Daker Madinah, hingga Senin kemarin, sebanyak 90 kloter jamaah haji sudah berada di Madinah dan semuanya ditempatkan di pemondokan dekat Masjid Nabawi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement