Selasa 21 Oct 2014 19:36 WIB

Haji Asal Magelang Meninggal di RS Moewardi

Jenazah (ilustrasi).
Foto: Antara/ca
Jenazah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI – Seorang haji asal Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yang tergabung kloter 66 meninggal dunia di Rumah Sakit Dr Moewardi Solo, Selasa (21/10), karena sakit.

Menurut Wakil Sekretaris III Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Debarkasi Surakarta M Syafiq membenarkan ada seorang haji asal Magelang meninggal dunia di RS Morwardi Solo, yakni Suharti Kartadiharjo (79) warga Radan RT 10/6 Pirikan Secang, Magelang.

Syafiq menjelaskan haji tersebut sebenarnya tergabung kloter 66, tetapi yang bersangkutan pulang ke Tanah Air bersama kloter 21 dan tiba di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Sabtu (18/10). Haji ini setelah diperiksa di Poliklinik Asrama Haji Donohudan kemudian dirujuk ke rumah sakit.

"Haji ini dilaporkan meninggal dunia di RS Solo, Selasa, sekitar pukul 10.30 WIB. Dengan demikian, haji meninggal bertambah menjadi 46 orang yang terdiri atas 43 di Tanah Suci dan tiga di Tanah Air," kata Syafiq.

Menurut dia, jenazah haji tersebut langsung diserahkan kepada petugas daerah, dan dilanjutkan kepada pihak keluarganya di Magelang untuk dimakamkan. Syafiq menjelaskan, PPIH Debarkasi Surakarta hingga telah memulangkan sebanyak 28 dari 71 kloter yang diberangkatkan ke Tanah Suci.

"Kami Selasa ini, rencana memulangkan rombongan haji empat kloter, yakni Kloter 27 asal gabungan Kabupaten Kulon Progo dan Sleman, Kloter 28 (Gunung Kidul, Sleman, dan Bantul), Kloter 29 (Bantul, Sleman, dan Kendal), serta Kloter 30 (Kendal dan Kabupaten Semarang)," katanya.

Menurut dia, rombongan haji Kloter 27 sebanyak 375 orang tiba di asrama haji Donohudan Boyolali, pukul 05.52 WIB atau lebih cepat dua meni dari jadwal semula. Haji Kloter 28 sebanyak 375 orang tiba pukul 08.38 WIB atau terlambat 10 menit dari jadwal semula.

Jamaah haji Kloter 29 asal Bantul, Sleman, dan Kendal dijadwalkan tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali sekitar pukul 16.10 WIB, sedangkan Kloter 30 asal Kendal dan Kabupaten Semarang, dijadwalkan tiba justru mendahuluhi kloter sebelumnya, yakni pukul 14.50 WIB.

"Dengan pemulangan jamaah haji Kloter 28 ini, jumlah anggota jamaah yang sudah dipulangkan ke daerah masing-masing sebanyak 10.447 orang dari total 26.433 orang," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement