Jumat 24 Oct 2014 12:16 WIB

Separuh Jamaah Haji Tiba di Tanah Air

Jamaah haji di Madinah.
Foto: Republika/Natalia Endah Hapsari/ca
Jamaah haji di Madinah.

Oleh: Zaky Al Hamzah

MADINAH – Hingga saat ini, separuh jamaah haji sudah pulang ke Tanah Air. Berdasarkan data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) pada Pukul 09.30 Waktu Arab Saudi (WAS), Kamis (23/10), jumlah jamaah haji yang sudah tiba di Indonesia berjumlah 76.791 orang.

Jamaah haji yang meninggal dunia berjumlah 254 orang, yakni 238 jamaah reguler dan 16 jamaah haji khusus. Saat ini, lima kloter jamaah haji berada di Jeddah menunggu penerbangan melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

Sementara, sebanyak 119 kloter jamaah gelombang dua sudah berada di Madinah untuk melaksanakan shalat Arbain. Sebagian jamaah haji gelombang dua masih berada di Makkah bersama jamaah gelombang pertama yang menunggu pemulangan.

Sedangkan, sebanyak 57 kloter jamaah haji masih berada di Kota Makkah. Sementara itu, beberapa jamaah haji gelombang dua juga mulai dipulangkan ke Tanah Air baik melalui Bandara Jeddah maupun Bandara Madinah.

"Hari ini, (Kamis, 23/10), adalah pemulangan pertama jamaah haji gelombang dua melalui Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz Madinah," jelas Kadaker Madinah, Nasrullah Djasam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement