Senin 27 Oct 2014 15:57 WIB

1.500 Kg Air Zam-zam Disimpan di Koper (1)

Koper jamaah haji Indonesia.
Foto: Republika/Harun Husein/ca
Koper jamaah haji Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Zaky Al Hamzah

JEDAH -- Anda layak geleng-geleng kepala membaca informasi ini. Jamaah haji Kloter 37 Embarkasi Solo (Jawa Tengah) dinilai memegang rekor terbanyak penyimpan air zam-zam di dalam koper. 

Jumlah semua jamaah di kloter ini sebanyak 375 orang. Namun sebanyak 133 orang jamaah di antaranya menyimpan air zam-zam di koper mereka hingga beratnya mencapai 1.500 kg atau 1,5 ton.

Penimbangan koper jamaah haji gelombang kedua dari kloter ini dilakukan Rabu 22 Oktober 2014 di kargo Garuda Indonesia di Madinatul Hujjaj, Kota Jeddah, Arab Saudi.

"Ini rekor terbanyak (penyimpanan air zam-zam, red) dari satu kloter. Padahal, sejak di Makkah dan Madinah, larangan menyimpan air zam-zam di dalam koper sudah disosialisasikan,'' kata Kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Jeddah, Ahmad Abdullah Yunus.

Kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Jeddah, Ahmad Abdullah Yunus mengungkapkan hal tersebut pada Media Center Haji (MCH) Jeddah, Sabtu (25/10) petang waktu Arab Saudi (WAS).

Saat mendatangi kantor kargo Garuda di Mahdinatul Hujaj, Ahad (25/10) WAS, MCH masih melihat ratusan botol dan jerigen air zam-zam yang teronggok di samping gedung. Sebagian besar diselotip warna coklat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement