Rabu 29 Oct 2014 19:10 WIB

Masjid-Masjid Bersejarah di Madinah: Masjid Ali bin Abi Thalib

Rep: Hannan Putra/ Red: Chairul Akhmad
Masjid Ali bin Abi Thalib di Madinah, Arab Saudi.
Foto: Pawkwheels.com/ca
Masjid Ali bin Abi Thalib di Madinah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, Masjid Ali bin Abi Thalib terletak di Jalan Al-Munakhah arah barat dari Masjid Nabawi, kurang lebih sejauh 400 meter, dekat dengan gang Ath-Thayyar.

Lokasi ini merupakan salah satu tempat Rasulullah pernah shalat ‘Id. Dinisbahkan kepada Ali bin Abu Thalib, barangkali karena dia juga pernah mengimami shalat kaum Muslimin di tempat ini.

Masjid ini dibangun pada masa Umar bin Abdul Aziz memerintah Madinah. Kemudian direnovasi oleh Gubernur Dhaigham Al-Manshuri, Gubemur Madinah tahun 881 H. Setelah itu juga direhab oleh Sultan Abdul Majid I, tahun 1269 H.

Masjid ini berbentuk persegi panjang. Dari timur ke barat, panjangnya 35 meter dan lebar sembilan meter. Terdiri dari satu serambi yang berakhir dari dua arah; timur dan barat dengan satu kamar kecil.

Mihrabnya berada di tengah dinding kiblat. Tingginya mencapai tiga meter. Cekungannya kira-kira 1,25 meter. Menara masjid berdiri tegak di sebelah timur dekat dengan jalan masuk masjid, tidak terlalu tinggi dan memiliki satu balkon. Berakhir dengan bentuk kerucut dari logam.

Masjid Ali bin Abi Thalib dibangun dengan batu basal dan dicat dengan warna putih. Dinding sebelah timurnya dihias dengan batu hitam.

sumber : Ensiklopedi Haji dan Umrah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement