Senin 17 Aug 2015 11:59 WIB

Kemenag Optimistis Visa Haji Selesai Rabu

Rep: eh ismail/ Red: Damanhuri Zuhri
Dirjen Haji dan Umrah Kementrian Agama, Abdul Djamil.
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Dirjen Haji dan Umrah Kementrian Agama, Abdul Djamil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama kerja lembur 24 jam guna menyelesaikan visa jamaah haji yang masih belum selesai.

Sampai Ahad (16/8), baru sekitar 105 ribu visa jamaah haji yang sudah keluar dari 155.200 jamaah haji reguler yang mendapatkan kuota tahun ini.

“Untuk visa ini memang masih proses dan kita sudah dari Sabtu (15/8) kemarin lembur terus bekerja. Baru 105 ribu yang selesai,” kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Abdul Djamil usai pelaksanaan upacara HUT ke-70 Kemerdekaan RI yang dihadiri oleh seluruh petugas Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi di halaman Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Senin (17/08).

Menurut Djamil, visa-visa jamaah haji yang masuk ke dalam gelombang pertama keberangkatan menuju Madinah sudah selesai. Visa yang masih belum keluar hanyalah visa jamaah haji yang akan terbang ke Jeddah atau jamaah haji gelombang kedua.

Kemenag optimistis, semua visa haji bisa selesai pada Rabu (19/8) pagi. Selain waktu pemberangkatan jamaah haji gelombang dua masih lama, Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta pun sangat kooperatif membantu proses penyelesaiannya.

Bahkan, kata Djamil, pada hari kemerdekaan RI yang seharusnya menjadi hari libur nasional, staf dan pejabat berwenang kedutaan juga ikut lembur dan masuk bekerja.

Alhamdulillah, Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta membuka diri dalam menyelesaikan visa-visa yang masih belum keluar. Hari ini pun mereka masuk, padahal seharusnya libur,” ujar Djamil menerangkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement