Rabu 19 Aug 2015 18:58 WIB
persiapan haji

Embarkasi Jakarta Siap Melayani Jamaah Haji

Rep: c35/ Red: Damanhuri Zuhri
Sejumlah calon Jemaah Haji Lanjut Usia mengisi waktu senggang mereka membaca buku-buku Doa menunggu keberangkatan mereka di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta,
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Sejumlah calon Jemaah Haji Lanjut Usia mengisi waktu senggang mereka membaca buku-buku Doa menunggu keberangkatan mereka di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persiapan pemberangkatan kloter pertama jamaah haji embarkasi Jakarta Pondok Gede sudah mencapai 90 persen. Jamaah haji kloter pertama yang akan diberangkatkan 21 Agustus mendatang dijadwalkan akan check in di Asrama Haji Pondok Gede besok, Kamis (20/8) pukul 09.00 WIB.

Sekretaris Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Jakarta Pondok Gede, Purwanto menjelaskan persiapan untuk menyambut jamaah haji akan diselesaikan hari ini. Dia sudah melakukan briefing untuk panitia dan menyatakan panitia sudah siap untuk melayani jamaah haji yang tiba pada esok hari.

"Persiapan sudah 90 persen, termasuk penginapan dan panitia juga sudah dibriefing dan mereka menyatakan siap melayani jamaah haji dari DKI Jakarta dan Provinsi Banten," kata Purwanto di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Rabu (19/8).

Dia menjelaskan, tahun ini PPIH Embarkasi Pondok Gede menambahkan fasilitas demi memberikan pelayanan yang lebih baik bagi jamaah haji. Tambahan fasilitas tersebut pada gedung D3 yang direnovasi tahun lalu, dan kini sudah siap untuk digunakan.

Berbeda dengan gedung-gedung penginapan lainnya, gedung D3 hanya berisi empat orang. Sedang gedung-gedung lainnya per kamar berkuota enam orang. Gedung D3 tiap kamarnya terdapat dua kamar mandi dalam, dengan opsi satu toilet jongkok dan lainnya bertoilet duduk.

Selain itu, gedung D3 dilengkapi dengan lift. Karena itu, gedung ini diprioritaskan untuk calon jamaah haji (calhaj) lanjut usia. Ini untuk memudahkan perpindahan mereka dari kamar penginapan menuju tempat lain, mengingat stamina mereka lebih terbatas.

Gedung-gedung lainnya, yaitu gedung A, B, C, D1, D2, D4, D5, E, per kamar berkuota enam orang. Sementara untuk gedung H digunakan bagi panitia, dengan jumlah kamar yang lebih sedikit. Masing-masing gedung tersebut, digunakan untuk calhaj berkapasitas 36 kamar.

Selain itu terdapat perbaikan pula pada gedung tempat dilakukan clearance kepada jamaah haji sebelum diantarkan ke bandara. Tahun-tahun sebelumnya hanya terdapat dua gedung yang digunakan yaitu gedung SG2 dan SG3. Tahun ini, Gedung SG1 siap untuk digunakan.

Selain penginapan yang memadai, PPIH Embarkasi Pondok Gede juga menyiapkan dua bus shalawat ditambah satu bus cadangan, seperti halnya yang digunakan untuk transportasi darat di Saudi Arabia.

Dua bus shalawat di Asrama Haji Pondok Gede ini baru diadakan tahun ini, sedangkan satu bus cadangan merupakan bus lama. Bus shalawat tersebut digunakan untuk transportasi dari pintu gerbang ke gedung penginapan dan sebaliknya.

"Pokoknya jamaah haji kami manjakan, dua bus shalawat seperti yang digunakan di Arab Saudi ini baru, dan satu lagi bus lama sebagai cadangan jika kedua bus tersebut tidak mencukupi," jelas Purwanto.

Rencananya, besok calhaj kloter pertama check in pukul 09.00 WIB dan menginap di Asrama Haji semalam dan akan diberangkatkan Jumat (21/8) pukul 05.00 WIB. Para calon jamaah haji akan dikumpulkan di SG1 sejak pukul 03.00 sekaligus melaksanakan shalat subuh berjamaah.

Pukul 05.00 WIB, mereka akan diberangkatkan ke Bandara Halim Perdana Kusuma yang rencananya secara ceremonial akan dilepas langsung oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin. Take off dijadwalkan pada pukul 08.30 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement