Kamis 20 Aug 2015 18:31 WIB

Sudah Berada di Asrama, Calon Haji Siap Berangkat Besok

Rep: Marniati/ Red: Indah Wulandari
Sejumlah calon haji melakukan Ibadah Tawaf saat berlatih manasik di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta, Kamis (20/8).
Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Sejumlah calon haji melakukan Ibadah Tawaf saat berlatih manasik di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta, Kamis (20/8).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Jamaah calon haji kloter awal telah memasuki asrama haji di masing-masing embarkasi, sekaligus diperiksa barang bawaanya dan akan melalui pengecekan kesehatan tahap terakhir.

"Hari ini jamaah masuk asrama. Lalu, kemudian besok jam 05.00 akan kita berangkatkan," ujar Dirjen penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Abdul Djamil kepada Republika, Kamis (20/8).

Ia menjelaskan, pengecekan tahap akhir yang akan dilalui oleh calon jamaah saat berada di asrama meliputi pemeriksaan kesehatan, pengecekan dokumen, pembagian gelang, dan penyerahan living cost sejumlah 1.500 riyal atau sekitar Rp 5 juta.

Selain itu jamaah juga diberikan bimbingan manasik sebelum mereka berangkat. Ia mengatakan, jamaah sengaja didatangkan ke asrama sehari sebelum keberangkatan dengan tujuan untuk melakukan persiapan sebelum pemberangkatan.

 Ia mengimbau kepada calon jamaah untuk menjaga kondisi kesehatan karena haji adalah ibadah yang memerlukan ketahan fisik. Apalagi cuaca di Arab Saudi begitu panas yang mencapai 45 derajat Celcius.

Untuk itu, saat berada di Arab Saudi jamaah diminta jangan banyak berada di tempat terbuka. Selain itu jamaah diimbau untuk perbanyak minum air putih, membawa penyemprot air yang mudah dibawa dan segera melapor ke petugas kesehatan jika merasa kondisi kesehatan kurang enak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement