Selasa 08 Sep 2015 14:38 WIB

Serangan Jantung, Calon Haji Asal Jakarta Wafat di Masjidil Haram

Rep: Ratna Puspita/ Red: Indah Wulandari
Jamaah haji wafat (ilustrasi).
Foto: Antara/ca
Jamaah haji wafat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH -- Calon haji asal Kelompok terbang (Kloter) Embarkasi Jakarta-Pondok (JKG) 21, Bunyamin bin Muhammad Thaib (77 tahun) tutup usia ketika beribadah di masjid di Makkah, Arab Saudi, Senin (7/9) pukul 13.47 waktu Arab Saudi.

"Kalau di Makkah meninggal di masjid biasanya berarti di Masjidil Haram," kata Penghubung Kesehatan Daerah Kerja Makkah Ramon Andrias, Selasa (8/9). Dia menambahkan, jamaah meninggal karena serangan jantung atau cardiovascular disease.

Sejak Ahad (6/9) hingga Senin (7/9), ada tujuh jamaah asal Indonesia yang meninggal di Arab Saudi. Enam jamaah, termasuk Bunyamin, meninggal karena masalah jantung dan satu lainnya meninggal karena masalah saluran pernapasan.

Ramon juga memerinci dua orang meninggal di sarana kesehatan, satu orang meninggal di tempat ibadah. "Dua orang lainnya dalam perjalanan ke Makkah," ujar dia.

Enam jamaah meninggal lainnya, yaitu Nani Nurdiani bin Ismayanti binti A Zahidi (63) meninggal karena serangan jantung. Jamaah asal Kloter Jakarta-Bekasi (JKS) 32. Perempuan usia 63 tahun itu menutup usia di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) di Madinah.

Tien Suhartini binti Sodikin (56) meninggal karena masalah saluran pernafasan. Jamaah asal Kloter JKS 25 itu juga menutup usia di sarana kesehatan, yaitu Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) di Madinah.

Jamaah asal Kloter MES 09, Anisa binti Dikran Slawat Ritonga (52), MES 09 meninggal di pemondokan di Madinah. Lasto Kahono bin Tiro Karyo (57) dari Kloter JKG 22 dan Masdari bin Limin Ahmad (70) dari Kloter BPN 06 meninggal dalam perjalanan. "Keduanya meninggal karena cardiovascular disease," ujar Ramon.

Berdasarkan Data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), sebanyak 60.218 jamaah haji Indonesia sudah berada di Makkah hingga Senin (7/9) pukul 17.00 waktu Arab Saudi. Mereka berasal dari 145 kloter yang terdiri dari 59.491 jamaah dan 723 petugas haji Indonesia.

Kepala Seksi Siskohat Reza Muhammad Marzal menjelaskan, sekitar 38 persen dari total jamaah calon haji reguler sebanyak 155.200 orang itu masuk Makkah melalui Madinah dan Jeddah. Sedangkan 18.950 jamaah datang dari Jeddah bersama 224 petugas yang tergabung dalam 45 kloter.

Sebanyak 41.268 jamaah  datang dari Madinah setelah menyelesaikan ibadah Arbain di Masjid Nabawi. Mereka tergabung dalam 100 kloter yang didampingi oleh 499 petugas kloter.

Daerah Kerja (Daker) Makkah memperkirakan jumlah jamaah akan terus bertambah hari ini. Sembilan kloter dari Jeddah dengan total jamaah 3.812 orang tiba di Makkah mulai pagi hari waktu setempat hingga malam hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement