Kamis 10 Sep 2015 10:41 WIB

Jadi Amirul Hajj, Menag akan Cek Bus Haji di Tanah Suci

Rep: Marniati/ Red: Indah Wulandari
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/9).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/9).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan berangkat ke Tanah Suci  untuk melakukan pengecekan terkait pelaksanaan ibadah haji 2015.

"Iya esok (hari ini) saya akan berangkat ke Jeddah. Namun untuk agenda lengkapnya tentu saya tidak hafal," ujar Lukman saat ditemui di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/9).

Ia menjelaskan, salah satu agenda yang akan ia lakukan, yakni mengunjungi naqoba atau konsorsium bus antarkota yang digunakan jamaah saat berada di Tanah Suci. Lantaran amirul hajj Indonesia ini menerima laporan bahwa bus antarkota yang digunakan jamaah kondisinya sering mogok.

Sehingga kunjungan diperlukan untuk melakukan antisipasi jika ada  bus antarkota yang mogok di tengah jalan. Salah satunya dengan menyediakan bus cadangan.

Ia melanjutkan, amirul hajj berfungsi untuk melakukan pengendalian, pemantauan dan pembinaan terhadap operasional haji secara keseluruhan. Amirul hajj juga berfungsi untuk melakukan pembinaan manasik haji. Baik manasik untuk petugas haji maupun calon jamaah haji.

Selain itu, amirul hajj juga berkewajiban melakukan pemantauan terkait penyelenggraan ibadah haji. Serta melakukan evaluasi terkait penyelenggaraan ibadan haji agar pada penyelenggraaan ibadah haji tahun depan dapat melakukan peningkatan kualitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement