Selasa 22 Sep 2015 17:41 WIB
haji 2015

Menag: Wukuf Momentum Mengenal Eksistensi Diri

Wukuf di Padang Arafah
Foto: Republika
Wukuf di Padang Arafah

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ratna Puspita dari Tanah Suci

MAKKAH -- Haji adalah Arafah. Jamaah haji dari seluruh dunia, termasuk Indonesia, akan melakukan prosesi wukuf di Padang Arafah, Makkah, Arab Saudi, Rabu (23/9). Jamaah haji pun harus memanfaatkan momentum tersebut untuk melakukan muhasabah atau introspeksi diri.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan jamaah haji harus memanfaatkan momentum wukuf di Padang Arafah dengan melakukan introspeksi dan mawas diri serta bermuhasabah mengenai eksistensi sebagai manusia. "Arafah itu tidak hanya tahu dan faham, tapi memahami keberadaan dirinya," kata menag, Selasa (22/9).

Jika dia berhasil melampaui proses tersebut selama di Arafah, maka dia akan mengenali dirinya. Ketika seseorang mampu mengenali dirinya, dia akan memiliki kemampuan mengenali Allah SWT selaku Sang Pencipta.

“Barang siapa yang telah mampu mengetahui hakikat dirinya maka sesungguhnya dia telah mengenal dan mengetahui hakikat Tuhannya,” ujar Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan.

Proses itu yang membuat wukuf di Arafah sebagai tingkat tertinggi bagi seseorang yang berhasil mengenali dirinya. "Arafah merupakan puncak haji. Rasulullah SAW bersabda haji adalah Arafah," ujar dia.

Karena itu, Lukman mengingatkan jamaah untuk wukuf atau berdiam di Padang Arafah dengan tujuan merenung, introspeksi, dan muhasabah terhadap keberadaannya sebagai manusia. Dengan demikian, jamaah dapat sampai pada pengenalan terhadap Tuhannya setelah dia mampu mengenali dirinya.

Perenungan itu juga agar jamaah haji lebih mawas diri terhadap kemanusiaan. Dalam Islam, Lukman menyatakan, dua hakikat kemanusiaan harus menyatu. Pertama, fungsi manusia sebagai khalifatullah atau pengelola alam semesta.

“Dalam Islam, sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama. Derajat tertinggi kualitas kemanusiaan kita adalah kalau kita mampu menebarkan kemaslahatan bagi sebanyak mungkin sesama kita,” kata dia.

Kedua, fungsi sebagai hamba Allah. Menurut Lukman, ketika umat dapat melakukan fungsi Khalifatullah dengan baik adalah wujud dari fungsi manusia sebagai hamba Allah atau bentuk ketundukan kita kepada Allah. “Di situlah perenungan yang perlu dilakukan saat kita wukuf di Arafah,” ujar dia.

Pemerintah Arab Saudi menetapkan wukuf di Arafah pada penyelenggaraan haji tahun ini jatuh pada Rabu (23/09). Jutaan jamaah haji dari berbagai negara berangkat ke Arafah mulai Selasa (22/9) pagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement