Selasa 29 Sep 2015 06:31 WIB

Korban Insiden Mina Disebut Tembus 1.000 Jamaah Haji

Jamaah haji dari berbagai negara dalam proses melempar jumrah di Mina.
Foto: Xinhua
Jamaah haji dari berbagai negara dalam proses melempar jumrah di Mina.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Pemerintah Arab Saudi telah memberikan informasi kepada diplomat asing tentang lebih 1.000 foto-foto jamaah haji yang wafat setelah terinjak-injak dalam insiden Mina pada pekan lalu. Otoritas India dan Pakistan mengatakan, dalam sebuah indikasi dari korban wafat jauh lebih tinggi dari sebelumnya yang diumumkan Kerajaan Arab Saudi.

Hingga kini, para pejabat Saudi tidak bisa dihubungi untuk memberikan komentar tentang perbedaan seputar jumlah korban jamaah haji akibat insiden Mina, demikian laporan the Guardian.

Seorang anggota parlemen dari partai politik di Pakistan yang memimpin proses penanganan bencana Tariq Fazal Chaudhry menyatakan, pejabat Saudi memberi para diplomat "1100 foto" jamaah haji yang wafat.

Chaudhry mengatakan kepada para wartawan dalam konferensi pers yang disiarkan secara nasional pada Senin (28/9) malam bahwa foto-foto dapat dilihat di kedutaan Saudi di luar negeri. "Ini adalah angka resmi martir dari pejabat Saudi yang dikut proses identifikasi," kata Chaudhry.

Menteri Urusan Luar Negeri India Sushma Swaraj menyatakan, jumlah jamaah haji yang menjadi korban insiden Mina melebihi angka 1.000 orang. "Pemerintah Saudi telah merilis foto dari 1.090 jamaah yang meninggal terinjak-injak," kata Swaraj melalui akun Twitter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement