Ahad 04 Oct 2015 13:55 WIB
insiden mina

PPIH Belum dapat Akses ke Empat Kontainer Jenazah di Jeddah

Rep: Ratna Puspita/ Red: Esthi Maharani
Ratusan ambulans membawa korban insiden Mina.
Foto: Dawn.com
Ratusan ambulans membawa korban insiden Mina.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Sebanyak empat kontainer yang memuat jenazah korban tragedi Mina dibawa ke Jeddah beberapa hari lalu. Namun, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi mengaku belum mendapatkan akses ke peti kemas tersebut.

Kepala Daerah Kerja Makkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Arsyad Hidayat mengatakan seluruh kontainer yang menyimpan jenazah di Pemulasaraan Jenazah Al Muaisim sudah dibuka. Ada empat kontainer yang dibawa ke Jeddah. "Tapi, kami belum dapat mengaksesnya," kata dia, Ahad (4/10).

Arsyad menyatakan jumlah foto yang ditempel di dua ruangan foto Al Muaisim tidak bertambah. Kendati demikian, masih ada foto-foto yang dirilis hingga Sabtu (3/10) malam. Ada lebih dari dua ribu foto jenazah korban tragedi Mina yang sudah dirilis oleh Pemerintah Arab Saudi.

"Tapi, caranya berbeda. Bukan lagi ditempel. Sekarang lebih banyak ditayangkan lewat slide di layar televisi," kata Arsyad.

 

Hingga Sabtu malam, PPIH Arab Saudi menerima informasi 1.800 jenazah korban tragedi Mina sudah dimakamkan. Menurut Arsyad, masih ada jenazah yang belum dimakamkan.

"Yang belum teridentifikasi juga masih ada, karena itu kami terus melakukan proses identifikasi setiap kali ada foto yang dirilis," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement