Kamis 08 Oct 2015 18:03 WIB

Kabut Asap tak Hambat Kedatangan Jamaah Haji Sumsel

Rep: Maspril Aries/ Red: Andi Nur Aminah
Jamaah Haji
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Jamaah Haji

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG – Kedatangan jamaah haji asal Sumatra Selatan (Sumsel) melalui debarkasi Palembang sampai kelompok terbang (kloter) 3 pada Selasa (7/10) berjalan lancar. Kabut asap yang menutupi bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) tidak mengganggu kedatangan pesawat Saudi Arabian Airlines untuk mendarat.

“Sampai hari ini Alhamdulillah kedatangan jamaah haji Sumsel melalui debarkasi Palembang berjalan lancar tidak ada hambatan. Walau Palembang sedang dilanda kabut asap, pesawat Saudi Arabian Airlines masih bisa mendarat dan bisa terbang kembali ke Jeddah untuk menjemput jamaah kloter berikutnya,” kata Saefudin Latif, Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel, Kamis (8/10).

Menurut Saefudin, memang kondisi cuaca di Palembang tertutup kabut asap. Namun ternyata pesawat masih bisa mendarat dengan selamat. Kondisi ini memang berbeda dengan debarkasi lain yang ada jamaahnya dan tidak bisa kembali ke daerahnya dengan penerbangan dan harus melalui laut atau dari daerah lain.

Mengenai kemungkinan jamaah haji asal Provinsi Jambi yang akan kembali melalui debarkasi Palembang, Saefudin Latif belum bisa memastikan. “Sampai hari ini belum ada informasi dari Kementerian Agama apakah jamaah dari Jambi akan melalui Palembang,” katanya.

Pada saat keberangkatan jamaah calon haji yang lalu, dia mengatakan ada sebagian jamaah calon haji dari Jambi yang berangkat melalu embarkasi Palembang dan bergabung bersama kloter terakhir. Dari Jambi, jamaah tersebut berangkat ke Palembang menempuh perjalanan darat.

Jamaah calon haji dari Provinsi Jambi, Saefudin mengatakan keberangkatannya melalui embarkasi Batam. Mereka juga akan kembali melalui embarkasi yang sama di bandara internasional Hang Nadim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement