Senin 12 Oct 2015 07:11 WIB

Pemulangan Gelombang Kedua Dimulai Senin Dini Hari

Rep: Ratna Puspita/ Red: Esthi Maharani
Jamaah Haji
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Jamaah Haji

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Proses pemulangan jamaah haji gelombang pertama dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, berakhir pada Ahad (11/10) malam waktu setempat. Kloter 10 Embarkasi Batam (BTH 10) menjadi kloter terakhir yang dipulangkan melalui bandara di Jeddah.

Kendati demikian, aktivitas pemulangan jamaah haji ke Tanah Air tidak lantas terhenti. Jamaah gelombang kedua akan mulai dipulangkan dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah, pada Senin (12/10) dini hari waktu setempat.

Berdasarkan jadwal pemulangan dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, kelompok terbang (kloter) pertama yang bakal dipulangkan dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, yaitu Kloter PLM 08 Embarkasi Palembang. Kloter PLM 08 ‎akan check-out dari pemondokan di Sektor 2, Madinah, pukul 23.30 waktu setempat.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Madinah-Jeddah PPIH Arab Saudi mengatakan, pendorongan jamaah dari pemondokan ke bandara dilakukan empat jam sebelum pesawat lepas landas. "Kloter perdana PLM 8 akan diterbangkan dari Bandara Madinah take-off pukul 03.50 WAS pada Senin 12 Oktober 2015,” kata Nurul, Ahad (11/10).

Nurul mengatakan, tim layanan kedatangan dan pemulangan Daker Bandara Jeddah-Madinah sudah berkoordinasi dengan Daker Madinah agar pendorongan jamaah dari pemondokan ke bandara berjalan lancar dan tepat waktu. Tim Daker Bandara juga sudah berkoordinasi dengan TAV Madinah selaku pengelola Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz.

"Ini sebagai persiapan pemulangan jamaah haji Indonesia dari bandara di Madinah," ujar Nurul.

‎Jamaah haji reguler asal Indonesia pada penyelenggaraan tahun ini mencapai 154.454 orang yang tergabung dalam 381 kloter. Mereka diberangkatkan dan dipulangkan dalam dua gelombang.

Jumlah jamaah gelombang pertama sebanyak 76.688 yang tergabung dalam 184 kloter yang sudah diterbangkan dari Bandara King Abdul ‎Aziz, Jeddah, sejak Senin (28/9) lalu.

Dengan demikian, total ada 184 kloter dengan jumlah 76.688 jamaah yang sudah pulang ke Tanah Air melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah sejak Senin (28/09) lalu. Sisanya, yang tergabung dalam 197 kloter dipulangkan dari ‎bandara di Madinah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement