Selasa 13 Oct 2015 17:57 WIB

Haji Debarkasi Solo Wafat 68 Orang

Rep: Antara/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas medis merawat seorang jemaah haji yang mengalami sakit jantung, saat tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padangpariaman, Sumatera Barat, Selasa (29/9).
Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Petugas medis merawat seorang jemaah haji yang mengalami sakit jantung, saat tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padangpariaman, Sumatera Barat, Selasa (29/9).

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI -- Jumlah jamaah haji Debarkasi Solo, Jawa Tengah, yang meninggal dunia di Tanah Suci hingga pemulangan Kloter 37 Selasa (13/10)tercatat mencapai 68 orang. Kepala Subbagian Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi, di Boyolali, mengatakan data yang diterima melalui Sistem Komputerisasi Haji Kesehatan (Siskohajkes) menyebutkan bahwa jumlah haji Debarkasi Solo, yang meninggal di Tanah Suci bertambah dua orang sehingga totalnya menjadi 68 orang.

Menurut Gentur jumlah haji meninggal tersebut terdiri atas jamaah asal Jawa Tengah sebanyak 60 orang dan sisanya delapan orang asal Yogyakarta. Menurut dia, dua nama haji yang terakhir dilaporkan meninggal dunia di Tanah Suci yakni Budi Sulistyono Sujono (52) warga Sojomerto RT 03/02 Rebon Kabupaten Batang dan Cipto Sujono Supodo (56) warga Gang Kenanga RT 03/02 Godong Grobongan Jateng.

"Kedua haji ini, dilaporkan meninggal dunia di Rumas Sakit Arab Saudi, Sabtu (10/10) karena sakit gangguan pernafasan, dan jenazahnya sudah dimakamkan di tempat pemakaman umum di Sha Raya'a Makah," katanya.

Gentur menjelaskan, jumlah jamaah haji asal debarkasi Solo yang masih dirawat di rumah sakit Arab Saudi hingga sekarang ada delapan orang.S  Sedangkan jamaah yang dirujuk di rumah sakit setibanya di Tanah Air ada sebanyak tujuh orang.

Menurut dia, PPIH embaksi Surakarta pada Selasa ini, rencananya telah memulangkan rombongan haji tiga kloter yakni 37 asal Kabupaten Kebumen, 38 gabungan asal Kebumen dan Purworejo, sedangkan 39 asal Purworejo dan Pekalongan. "Rombongan haji Kloter 37 sebanyak 353 jamaah telah tiba di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, pada pukul 04.42 WIB atau lebih cepat 13 menit dari waktu yang dijadwalkan," kata Gentur.

Rombongan haji Kloter 38 dan 39 rencana tiba di bandara masing-masing sekitar pukul 20.55 WIB dan pukul 23.55 WIB. Jumlah jamaah haji debarkasi Solo hingga kedatangan Kloter 37 yang sudah dipulangkan ke daerah masing-masing ada sebanyak 13.199 orang dari total 26.482 orang yang diberangkatkan ke Tanah Suci.

Gentur menjelaskan, haji gelombang pertama asal debarkasi Solo mulai Kloter pertama hingga 26 sudah selesai dipulangkan ke daerah masing-masing.  Sedangkan gelombang kedua mulai Kloter 27 hingga 75. Haji gelombang pertama kepulangannya diberangkatkan melalui Bandara King Abdul Aziz Jedah menuju Tanah Air. Haji gelombang kedua berangkat dari Madinah Arab Saudi menuju Tanah Air mulai Jumat (9/10) hingga tanggal 26 Oktober mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement