Senin 19 Oct 2015 21:37 WIB

Jamaah Haji Jambi Kloter 16 Dipastikan Bebas Mers

Mers
Foto: AP
Mers

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Jamaah haji Jambi kloter 16 yang sudah kembali ke Jambi, Senin dini hari tadi dipastikan terbebas dari virus Mers karena tim medis sudah memeriksa semua kesehatan jamaah.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jambi, M Thahir di Jambi Senin (19/10), mengatakan sesampainya di asrama haji Jambi, semua jamaah terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan sebelum diizinkan pulang ke rumah.

"Seluruh jamaah terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis saat turun dari bus dari Bandara Palembang. Hal ini dilakukan untuk memastikan para jamaah haji dalam keadaan sehat. Alhamdulillah semua sehat dan tidak ada yang terinfeksi virus Mers," kata Thahir.

Sebanyak 446 jamaah haji embarkasi antara Jambi kloter 16, Senin dini hari sekitar pukul 03.00 WIB tiba di asrama haji Jambi dengan menempuh perjalanan darat menggunakan 12 unit bus.

Thahir mengatakan, kepulangan jamaah haji Jambi yang diberangkatkan melalui embarkasi antara kloter 16 itu memang tidak seperti jadwal awal, yang mana seharusnya jamaah pulang dari Bandara Hang Nadim Batam langsung menuju Bandara Sulthan Thaha Jambi.

Namun karena kabut asap jamaah dari Batam terpaksa diterbangkan di Bandara Palembang dan menempuh jalur darat untuk sampai di Jambi. Meski demikian, pihaknya merasa sangat bersyukur karena jamaah haji Jambi kloter 16 tiba di Jambi dengan selamat.

Dikatakan Thahir, seluruh jamaah haji yang masuk dalam kloter 16 itu berjumlah 446 orang, terdiri dari jamaah haji asal Kota Jambi sebanyak 370 orang, Kabupaten Sarolangun 71 orang dan lima orang petugas haji. Jumlah jamaah haji tersebut berkurang dari jumlah semula sebanyak 450 orang. Hal ini dikarenakan dua jamaah meninggal dunia dan dua orang lagi dipulangkan lebih cepat dikarenakan sakit.

Thahir juga mengatakan, jika melihat kondisi kabut asap yang pekat dan sulit diprediksi pada saat ini, kepulangan jamaah haji embarkasi antara Jambi kloter selanjutnya berkemungkinan besar juga akan dialihkan melalui Bandara Sulthan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Namun demikian, dirinya tetap berharap jamaah haji Jambi pulang melalui Bandara Sulthan Thaha Jambi. Itu agar para jamaah tidak terlalu letih dalam perjalanan pulang, kata Thahir.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement