Selasa 09 Aug 2016 06:37 WIB

Menag Lepas Kloter Pertama Jamaah Calon Haji Indonesia

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah calon jamaah haji kloter 1 tiba di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Senin (8/8).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Sejumlah calon jamaah haji kloter 1 tiba di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Senin (8/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelompok terbang pertama jamaah calon haji Indonesia berangkat ke Tanah Suci, Selasa (9/8) pagi. Pelepasan keberangkatan dilakukan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, melepas langsung para jamaah calon haji sekaligus secara simbolik menyerahkan bendera merah putih kepada kepala kloter. Ia mengungkapkan, pemerintah selaku penyelenggara haji merasa bersyukur bisa mengantarkan tamu-tamu Allah SWT menuju Tanah Suci.

"Suatu kehormatan dan kemuliaan bagi pemerintah. Selamat jalan, semoga Allah SWT melindungi dan memberkati kita semua," kata Lukman, Selasa (9/8).

Ia menerangkan, terdapat 11 kloter dari sembilan embarkasi dengan total jamaah yang berangkat sebanyak 4.459 jamaah calon haji dari seluruh Indonesia. Mereka berasal dari sembilan embarkasi yang di antaranya adalah Medan, Padang, Jakarta, Bekasi, Surabaya, Solo, Lombok, Makassar dan Banjarmasin.

Lukman berharap, tidak ada kendala yang berarti terjadi selama pelaksanaan haji, agar pelaksanaan haji tahun ini bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, ia turut berharap agar semua jamaah calon haji Indonesia dapat menjalani semua rukun haji dengan baik, sehingga bisa mencapai kemabruran.

Selain Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, pelepasan keberangkatan jamaah calon haji turut dihadiri jajaran Kementerian Agama. Selain itu, hadir Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Ketua Komisi 8 DPR RI Ali Taher.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement