Kamis 11 Aug 2016 07:13 WIB

Jangan Tergila-gila Foto Selfie Ketika Kenakan Ihram!

Ilustrasi jamaah melakukan foto selfie saat memakai pakaian umrah.
Foto: AP/Mosa'ab Elshamy
Ilustrasi jamaah melakukan foto selfie saat memakai pakaian umrah.

Musim haji tahun 2016 sudah tiba. Jamaah haji kelompok terbang (kloter) pertama telah tiba di Madinah. Mereka sekarang sudah berbaur dengan jamaah haji dari berbagai negara yang datang pertama ke kota suci itu, misalnya jamaah haji dari Bangladesh.

Para petugas haji pun sudah bersiaga. Rombongan petugas haji pertama sudah berada di Madinah pada Sabtu lalu (6/8) untuk segera melayaninya. Sementara,  rombongan petugas haji kelompok kedua telah berangkat ke Jeddah dan Makkah pada Selasa lalu (9/8).

Pemerintah Arab Saudi pun sudah bersiap menyambut datangnya jamaah haji. Proyek peluasan mataf (tempat tawaf) telah dituntaskan sekitar sepekan sebelum Ramadhan tiba. Alhasil, tempat tawaf pun kini semakin lapang karena kapasitasnya bertambah empat kali lipat dari kapasitas semula.

Maka semenjak kedatangan jamaah haji  kelompok yang pertama, Kota Makkah dan Madinah pun secara berangsur-angsur berubah hiruk-pikuk. Makkah yang sehari-hari suasana keriuhannya tak lebih dari Kota Yogyakarta, sampai ke masa tibanya puncak haji secara berangsur-angsur akan berubah menjadi kota yang padat.

Denyut kesibukan orang di area sekitar Masjidil Haram yang sempat lengang semenjak usainya Idul Fitri kini sudah bisa dipastikan mulai berdenyut kencang kembali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement