Ahad 14 Aug 2016 16:16 WIB

Seluruh Visa Haji Embarkasi Palembang Selesai

Rep: Maspril Aries/ Red: Andi Nur Aminah
Visa dan paspor haji
Foto: antaranews
Visa dan paspor haji

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Keberangkatan jamaah calon haji dari embarkasi Palembang sampai keberangkatan kelompok terbang (kloter) lima, Ahad (14/8) dari bandar udara (bandara) internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II berjalan lancar. “Untuk keberangkatan jamaah calon haji dari embarkasi Palembang semua berjalan lancar, termasuk visa haji dari kedutaan besar Arab Saudi untuk seluruh jamaah asal Sumatra Selatan yang berjumlah 5.088 orang sudah selesai dan siap berangkat,” kata Kepala Bidang Penyelenggaran Haji dan Umrah (Kabid PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatra Selatan (Kemenag Sumsel) Janaluddin, Ahad (14/8).

Menurut Janaluddin melalui embarkasi Palembang pada musim haji 1437 H atau 2016 akan menerbangkan sebanyak 5.885 orang jamaah melalui bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II. “Calon jamaah haji tersebut berasal dari Sumsel sebanyak 5.088 orang ditambah calon jamaah haji dari Provinsi Bangka Belitung sebanyak 732 orang. Seluruhnya terbagi dalam 14 kelompok terbang yang masuk dalam gelombang pertama dengan tujuan langsung ke Madinah,” ujarnya.

Kloter pertama embarkasi Palembang sudah terbang ke tanah haram menggunakan pesawat Saudi Arabia Airlines pada 10 Agustus 2016 dan dilepas langsung Gubernur Sumsel Alex Noerdin di asrama haji Palembang. Untuk jamaah calon haji dari Provinsi Bangka Belitung tergabung dalam dua kloter, yaitu kloter enam dan kloter tujuh.

“Untuk jamaah dari Provinsi Bangka Belitung yang tergabung dalam kloter enam masuk asrama haji Palembang, Ahad 14 Agustus dan terbang pada 15 Agustus 2016. Kemudian esok harinya dilanjutkan dengan kloter tujuh,” kata Janaluddin.

Khusus untuk jamaah calon haji kloter 14 atau kloter terakhir dari embarkasi Palembang yang akan berangkat pada 28 Agustus 2016 dengan jumlah 33 orang, keberangkatannya ke Tanah Suci akan bergabung dengan jamaah calon haji yang berangkat dari embarkasi Batam.

Untuk kloter 14 embarkasi Palembang sebanyak 33 orang tersebut berasal dari KBIH Al Hikmah ditambah dua orang petugas haji. Saat berada di Makkah jamaah kloter 14 tersebut bermukim di maktab 71 yang berada di kawasan Mahbazjin.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement