Jumat 02 Sep 2016 17:44 WIB

Calon Jamaah Haji Lampung Kloter 40 Terakhir Berangkat

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Damanhuri Zuhri
calon jamaah haji (ilustrasi).
Foto: Antara/Nyoman Budhiana
calon jamaah haji (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -– Calon jamaah haji asal Provinsi Lampung yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 40, terakhir berangkat ke Tanah Suci, Jumat (2/9). Lampung memberangkatkan 5.011 jamaah calon jamaah haji ditambah 65 orang petugas dengan 13 kloter.

Calon jamaah haji kloter terakhir asal Lampung sudah menginap semalam di Asrama Haji Komplek Islamic Center, Rajabasa, Kota Bandar Lampung, sehari sebelumnya. Calon jamaah haji berangkat ke Pondok Gede, Jakarta dan menuju Bandara Halim Perdana Kusuma pada Jumat petang, lalu terbang ke Makkah. "Kloter 40 ini yang terakhir," kata Burhanuddin, salah seorang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) Kloter 40.

Calon jamaah haji asal 14 kabupaten/kota di Lampung harus menginap semalam di asrama haji. Keesokannya berangkat ke Pondok Gede untuk terbang di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Pemberangkatan calon jamaah haji Lampung tergabung dalam dua gelombang.

Kasubbag Humas Kanwil Kemenag Lampung, Istutiningsih mengatakan, keberangkatan calon jamaah haji Lampung dibagi dalam dua gelombang keberangkatan. Keberangkatan pertama dari Bandara Radin Inten II menuju Bandara Halim Perdanakusuma, lalu terbang ke Madinah. Calon jamaah haji Lampung berangkat perdana 14 Agustus lalu.

Pada gelombang kedua, Tuti menyatakan calon jamaah haji kloter 23 mengawali keberangkatan ke Bandara Halim Perdanakusuma. Kemudian disusul kloter 26, 27, 29, 34, 37, dan terakhir 40. Jumlah calon jamaah haji pada setiap kloternya berjumlah 393 orang dengan rincian 388 calhaj, satu TPHI, satu TPIHI, dan tiga TKHI.

Kanwil Kemenag Lampung menyatakan pemondokan jamaah haji asal Indonesia berada di enam lokasi termasuk jamaah haji asal Lampung. Pemondokkan jamaah di hotel bintang tiga. Sedangkan jarak pemondokan dengan Masjidil Haram sekitar 450 meter, namun pemerintah menyiapkan bus angkutan yang bergerak 1x24 jam.

Kuota haji Provinsi Lampung tahun 2016 sebanyak 5.026 orang terbagi dalam 13 kloter dengan masing-masing kloter sebanyak 388 orang.Bila dibandingkan tahun lalu jumlah kuota masih tetap sama tetapi beda dalam penyusunan kloter, karena tahun lalu jumlah kloter sebanyak 450 calon jamaah haji dengan 11 kloter.

Jumlah calon jamaah haji Lampung yang berangkat 5.011 orang, petugas 65 orang sehingga totalnya 5076 orang. Sementara yang mutasi keluar embarkasi sebanyak 18 orang, keluar dalam satu embarkasi dua orang, mutasi masuk satu orang dari embarkasi Surabaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement