Senin 12 Sep 2016 18:47 WIB

Korlantas Polri Yakin Arus Balik Idul Adha Lancar

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Bilal Ramadhan
Arus balik. Ilustrasi
Foto: Antara
Arus balik. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri meyakini arus balik libur Idul Adha 1437 Hijriah akan berjalan lancar tanpa kemacetan. Polisi melakukan berbagai langkah antisipasi pada puncak arus balik yang diprediksi terjadi Senin (12/9) malam.

“Volumenya akan lebih padat, tapi insya Allah tidak macet,” kata Wakil Kepala Korlantas Polri Brigjen Indrajit saat dihubungi, Senin (12/9).

Jenderal bintang satu ini mengatakan, optimisme kelancaran arus balik dihitung dari sejumlah indikasi. Volume kendaraan pada arus mudik Idul Adha tidak terlalu banyak. Terbukti, arus mudik Idul Adha kali ini praktis tak ada kemacetan dan relatif lancar.

Selain faktor itu, lanjut Indrajit, antisipasi terhadap potensi kemacetan di sejumlah titik rawan kemacetan juga lebih baik. Hal ini belajar dari pengalaman sebelumnya pada lebaran Idul Fitri beberapa waktu lalu.

Dia menambahkan, pencabutan larangan beroperasinya truk angkutan barang saat libur Idul Adha oleh Kementerian Perhubungan juga diyakini tidak akan berpengaruh banyak terhadap kemacetan. Meski demikian, sejumlah antisipasi disiapkan jika ada kejadian yang tak diinginkan seperti kemacetan.

“Kita lihat situasi. Memang aturan (larangan beroperasi) dicabut sama Kemenhub. Tapi kalau situasi nanti padat sekali ya kita akan mengeluarkan diskresi sesuai apa yang terjadi di lapangan,” ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement