Sabtu 15 Oct 2016 16:41 WIB

Debarkasi Banda Aceh Akhir Pemulangan Jamaah Haji

  Jamaah haji  asal Aceh turun dari pesawat.
Jamaah haji asal Aceh turun dari pesawat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Banda Aceh mengakhiri pemulangan jamaah haji menyusul tibanya kloter sembilan sekitar pukul 12.11 WIB di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh Besar, Sabtu (15/10).

"Alhamdulillah kita sudah menuntaskan pemulangan jamaah haji ke Tanah air seiring dengan kedatangan kloter terakhir asal Aceh ini," kata Ketua PPIH Debarkasi Banda Aceh M Daud Pakeh.

Dia menjelaskan, kloter sembilan asal Aceh yang baru tiba di Tanah Air tersebut bergabung dengan jamaah haji asal debarkasi Jakarta dan Makassar dengan jumlah jamaah yang tiba sebanyak 70 orang. Daud menyebutkan, jumlah jamaah haji Aceh yang telah tiba di Tanah Air dari kloter satu sampai sembilan sebanyak 3.180 orang dari total yang diberangkatkan pada musim haji 2016 sebanyak 3.192 orang.

Dikatakan Daud, dari total yang berangkat tersebut 11 orang jamaah yang melaksanakan rukun Islam ke lima tersebut meninggal dunia di Tanah Suci karena sakit. Da satu orang lainnya masih di rawat di Arab Saudi karena sakit.

Dia mengatakan, kloter terakhir asal provinsi ujung paling barat Indonesia yang kembali ke Tanah Air tersebut berasal dari beberapa kabupaten/kota di provinsi setempat. "Seluruh Tamu Allah itu diberangkatkan dalam sembilan kelompok terbang yang terdiri dari delapan kloter penuh dan satu kloter sisa yang bergabung dengan embarkasi lainnya," kata Daud yang juga Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement