Kamis 27 Oct 2016 13:30 WIB

Dua Maskapai Minati Layani Umrah Palembang – Jeddah

Rep: Maspril Aries/ Red: Agus Yulianto
Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Alex Noerdin
Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Alex Noerdin

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin ingin penerbangan umrah langsung Palembang – Jeddah segera terealisasi. Rencana penerbangan langsung bagi jamaah umrah tersebut sudah digagas sejak dua tahun lalu.

“Sekarang sudah ada dua maskapai yang menyatakan berminat melayani penerbangan untuk jemaah umrah langsung dari Palembang – Jeddah tanpa harus jamaah terbang dulu ke Jakarta,” kata Gubernur Alex Noerdin, kepada Republika, kemarin.

Dua maskapai yang sudah menyatakan keinginannya tersebut menurut Alex Noerdin adalah Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines atau Saudia Airlines. “Jika Saudi Airlines, menawarkan penerbangan dari Palembang – Madinah,” ujarnya.

Menurut Gubernur Sumsel, selama ini Palembang sudah menjadi salah satu embarkasi haji bagi calon jamaah haji dari Sumatera Selatan (Sumsel) dan Provinsi Bangka Belitung (Babel) melalui bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) langsung ke Jeddah. “Musim haji tahun 1437 H calon jamaah haji embarkasi Palembang dilayani maskapai Saudia Airlines,” katanya.

Alex Noerdin menjelaskan, embarkasi Palembang saat ini, di dalam kompleks asrama haji, sudah ada mock up pesawat terbang untuk calon jamaah haji mempersiapkan diri dengan menjalani latihan cara menggunakan perlengkapan di pesawat saat dalam penerbangan, seperti penggunaan lavatory atau toilet dalam pesawat.

“Kita juga sedang menyelesaikan area untuk umrah dengan fasilitas ada replika Kabah dengan ukuran sesungguhnya sama seperti yang di Masjidil Haram. Replika Kabah sudah selesai dan sekarang sedang dalam penyelesaian pembangunan lintasan sai antara Safa dan Marwa dengan jarak yang sama seperti Makkah,” kata Gubernur Alex Noerdin.

Semua fasitas tersebut tersedia dalam kompleks asrama haji Sumsel dan bisa digunakan untuk manasik bagi calon jemaah haji atau calon jemaah umrah asal Sumatera Selatan.  

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan telah menjalin kerjasama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel untuk mempercepat rencana penerbangan umrah langsung dai Palembang – Jeddah tanpa harus melalui Jakarta.

Menurut Kepala Kanwil Kemenag Sumsel  Alfajri Zabidi, dengan adanya penerbangan langsung Palembang – Jeddah, maka banyak keuntungan yang didapat calon jemaah umrah. Seperti memperpendek jarak dan waktu terbang, memberikan jaminan keamanan terhadap masyarakat dan menghemat biaya karena penerbangan langsung tanpa transit melalui Jakarta atau Medan dan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement