Selasa 17 Jan 2017 01:29 WIB

Agar tak Kebablasan Belanja di Tanah Suci

Rep: mgrol86/ Red: Agung Sasongko
Makkah
Foto: ROL/Didi Purwadi
Makkah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Selepas melaksanakan ibadah fardhu dan sunnah ketika haji maupun umrah, para jama’ah biasanya menyempatkan diri untuk berbelanja. Jama’ah Indonesia terkenal sangat royal dalam belanja.

Namun, jangan karena tergoda malah membuat anda susah dalam membawa barang bawaan ketika pulang. Apalagi sampai anda kehabisan uang akibat belanja karena sejatinya tujuan utama ke Tanah Suci untuk ibadah bukan untuk foya-foya.

Republika.co.id akan memberika  tips agar tidak berlebihan dalam belanja di Tanah Suci.

Buat List

Sebelum anda berangkat, baiknya anda membuat daftar nama orang-orang sekitar anda. Mungkin dipisahkan berdasarkan jenis kelamin dan usia.

Daftar ini bisa memberikan informasi berapa orang yang wajib anda berikan oleh-oleh. Selain itu, anda juga harus membuat daftar total oleh-oleh yang bisa anda beli.

Batasan Budget belanja

Membuat rancangan budget. Dalam membuat rancangan budget anda bisa menuliskan budget untuk apa saja yang anda butuhkan.

Untuk anggaran belanja jangan di gabung dengan budget lain, anda harus membuat batasan berapa budget untuk belanja.

Anda harus tertib jangan sampai menggunakan budget keperluan lain hanya untuk belanja, dikhawatirkan anda kehabisan uang untuk memenuhi nafsu belanja semata.

Cari Informasi

Sebelum anda membeli atau sebelum berangkat ke Tanah Suci baiknya anda cari informasi mengenai tempat belanja yang murah, oleh-oleh apa saja yang menarik dan bermanfaat yang bisa anda beli di sana. Anda bisa browsing, bertanya kepada yang sudah perngalaman dan lainnya.

Harus diperhatikan, ketika di Makkah banyak nama toko dengan embel-embel murah tapi ternyata harganya mahal. Dari informasi anda bisa dapat petunjuk dimana anda bisa belanja dengan murah.

Daearah-daerah di sekitar perbatasan turki, Urfa. data pengungsi, anak yatim, banyak tersebar di perbatasan Turki dan Suriah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement