Kamis 19 Jan 2017 07:24 WIB

Ini Negara-Negara Favorit Umrah Plus Wisata Halal

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Irwan Kelana
 Seorang warga mengabadikan masjid Sultan Ahmed atau yang lebih dikenal dengan masjid Biru di Istanbul, Turki, Rabu (17/6).  (AP/Emrah Gurel)
Seorang warga mengabadikan masjid Sultan Ahmed atau yang lebih dikenal dengan masjid Biru di Istanbul, Turki, Rabu (17/6). (AP/Emrah Gurel)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Umrah plus wisata halal sejak empat tahun terakhir terus berkembang. Ada sejumlah negara dan kota yang menjadi tujuan favorit para jamaah umrah plus wisata halal tersebut.

Direktur Utama Biro Travel Wahana Haji dan Umrah Muharom Ahmad mengemukakan, Istanbul  (Turki), Maroko di Afrika Utara, Cordoba di Spanyol dan sejumlah  negara di Eropa Barat maupun Balkan menjadi incaran utama jamaah umrah plus. “Terlebih Cordoba, yang merupakan pintu masuk persebaran Islam di Eropa,” ujarnya di Jakarta, Senin (16/1/2017).

Muharom mengatakan, destinasi wisata religi biasanya dilihat dari ciri khas dan keindahan alam negara tujuan. Misal, Capadocia di Turki menjadi destinasi favorit karena memiliki daerah cukup bagus dan memiliki hotel di dalam gunung yang unik.

Begitu juga Cordoba di Spanyol yang memiliki keunikan dan arkitektur hebat yang juga menjadi monumen sentuhan Islam pada zamannya. Selain itu, Cordoba merupakan pintu masuk perkembangan Islam di Eropa. "Jadi memang destinasi yang ditawarkan melihat pada dua hal, pertama kekhasan daerah setempat dan kedua sejarah Islam di daerah tersebut," kata Muharom.

Chief  Executive Officer (CEO) Adinda Azzahra Tour Priyadi Abadi  mengungkapkan, salah satu paket umrah plus yang ditawarkan oleh  Adinda Azzahra Tour adalah umrah plus Eropa Barat. Ia menyebutkan, pihaknya membawa rombongan jamaah plus Eropa Barat selama 20 hari, 26 Desember  2016 sampai 14 Januari 2017.

“Sebelum umrah, kami bertadabbur alam terlebih dahulu di benua Eropa Barat mengunjungi tujuh  negara,  yaitu Perancis, Belgia, Belanda,  Jerman, Swiss,  Italia  dan Vatican. Lalu dilanjutkan dengan umrah dengan fasilitas hotel bintang 5,  baik di Makkah maupun Madinah,”  ujar Priyadi.

Priyadi menyebutkan,  Adinda Azzahra Tour menyelenggarakan program umrah plus wisata Muslim dua kali keberangkatan setiap bulan. “Khusus bulan Desember kami berikan bonus Disneyland Paris. Hal itu karena mayoritas jamaah membawa anak-anak, bertepatan musim liburan sekolah di Indonesia. Sedangkan untuk  bulan Maret dan April, kami berikan bonus mengunjungi taman bunga tulip Keukenhof di Belanda yang dibuka hanya pada musim semi saja,” papar Priyadi Abadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement