Kamis 19 Jan 2017 17:26 WIB

Ini Tips Emirates Airline untuk Rombongan Jamaah Umrah

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Agus Yulianto
Emirates Airlines
Foto: Travel Deals Finder
Emirates Airlines

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Maskapai penerbangan berbasis di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Emirates Airline, memberikan tips bagi rombongan jamaah yang hendak melaksanakan umrah ke Tanah Suci. Tips-tips tersebut guna memastikan agar jamaah merasa aman dan nyaman dalam proses perjalanan ke Arab Saudi.

Senior Sales Executive Emirates Airline Romy Noveriyanto mengatakan, rombongan jamaah umrah harus mengatur waktu dengan tepat. Jamaah harus memperhatikan dari bandara mana mereka berangkat.

"Kalau di Jakarta kita sudah familiar, tapi kalau di negara lain? Minimal tiga atau empat jam sebelum keberangkatan harus sudah di airport," ujarnya dalam acara peringatan Hari Jadi ke-1 Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF) di Hotel Sofyan, Jakarta, Kamis (19/1).

Hal tersebut guna menghindari adanya keterbatasan counter check in. Bagi rombongan umrah, kondisi ini bukanlah hal mudah. Untuk itu Romy menyarankan agar check in pesawat dilakukan 24 jam sebelum waktu penerbangan.

Dia juga mengimbau, jamaah memperhatikan masa berlaku paspor. Minimal ada jarak enam bulan sebelum paspor tersebut kadaluwarsa. Yang tidak kalah penting yakni jangan lupa untuk selalu memberikan kontak agen travel dan nama pemimpin rombongan kepada maskapai penerbangan. "Seringkali booking di kami (maskapai), tapi issued tiket di agen travel sehingga data di kami kurang lengkap," kata Romy.

Padahal, kontak tersebut sangatlah penting untuk memberikan informasi yang bersifat dadakan. Misalnya soal perubahan terminal dan lain sebagainya. "Jamaah rata-rata di atas 45 tahun, 1 rombongan 45 orang. Kalau tidak ada kontak untuk informasi mendadak, maka khawatir akan merepotkan rombongan itu sendiri," ujarnya.

Pemimpin rombongan, kata dia, hendaknya memperhatikan apakah ada jamaahnya yang membutuhkan barang khusus seperti kursi roda. Untuk keperluan barang khusus, pemimpin rombongan diminta menyampaikan ke maskapai penerbangan agar mereka dapat menyiapkannya. "Jangan diberitahunya pas di airport nanti kalang kabut. Buat kami (Emirats Airline) tidak masalah tapi akan menganggu proses waktu check in," kata Romy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement