Jumat 20 Jan 2017 17:20 WIB

Daftar Tunggu Calhaj Lampung Berkurang 17 Tahun

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Agung Sasongko
Daftar Haji
Foto: Dok. Republika
Daftar Haji

IHRAM.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Adanya penambahan kuota haji Provinsi Lampung tahun ini, otomatis akan mengurangi daftar tunggu (waiting list) jamaah calon haji (calhaj) yang akan menunaikan ibadah haji. Sebelumnya, daftar tunggu jamaah calhaj asal Lampung mencapai 17 tahun.

“Kuota haji Lampung kembali ke semula, sebelumnya dipotong 20 persen. Jadi, daftar tunggu jamaah jadi berkurang dari sebelumnya mencapai 17 tahun,” kata Kepala Sub Bagian Humas Kanwil Kemenag Lampung, Istutiningsih di Bandar Lampung, Jumat (20/1).

Menurut dia, penambahan kuota haji untuk tahun ini, sebenarnya tidak bertambah namun kembali ke kuota semua sebelum ada pemotongan kuota sebesar 20 persen beberapa tahun lalu. Kuota jamaah calhaj Lampung sebelum pemotongan berjumlah 6.282 orang jamaah, setelah kebijakan pemotongan menjadi 5.026 orang jamaah.

Ia belum bisa memastikan jumlah persisnya karena kuota untuk masing-masing provinsi belum disertai surat dari Menag. Namun, untuk keberangkatan haji tahun ini, ada penambahan kuota haji untuk Lampung diperkirakan jatahnya kembali seperti semula sebanyak 6.282 jamaah.

Untuk keberangkatan haji ketika terjadi pemotongan, Kanwil Kemenag Lampung memberikan prioritas kepada jamaah calhaj yang berasal dari lanjut usia, jamaah perempuan yang tidak memiliki mahrom, dan jamaah berkebutuan khusus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement