Jumat 03 Feb 2017 13:58 WIB

Bandara Radin Inten II Siap Jadi Embarkasi Haji

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Agus Yulianto
Bandara Radin Inten II, Lampung
Foto: WIJANARKO.NET
Bandara Radin Inten II, Lampung

IHRAM.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Setelah rampung proyek renovasi, Bandara Radin Inten II Branti Lampung siap menjadi bandara internasional sekaligus bandara embarkasi haji tahun ini. Selama ini, bandara tersebut hanya berstatus bandara embarkasi haji antara.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemprov Lampung, Hery Suliyanto sudah mengumpulkan stakeholder terkait untuk mempercepat dan menyukseskan Bandara Radin Inten II Branti menjadi embarkasi haji. “Semua stakeholder sudah dipanggil. Semua pihak siap menyukseskan bandara internasional embarkasi haji,” kata Kepala Bidang Humas Biro Humas dan Protokol Pemprov Lampung, Heriyansyah, Jumat (3/2). 

Heriyansyah mengatakan, target Pemprov Lampung di tahun 2017 adalah Bandara Radin Inten II menjadi bandara embarkasi haji penuh. Untuk itu, target percepatan pelayanan bandara terkait persyaratan embarkasi haji terus diupayakan.

Sebagai bandara embarkasi haji penuh, pihaknya sudah meminta pengelola bandara untuk bekerja cepat dan tetap dalam mengejar target tersebut. Tentunya, dengan menyelesaikan dan menyiapkan fasilitas dengan lengkap dan standar. "Selain itu, kesiapan dari pihak maskapai penerbangan,  pihak perhubungan, kemenkumham yakni Kantor Imigrasi," katanya.

Dari rapat sejumlah stakeholder, dia mengatakan, semua sepakat dan berkomitmen tahun ini bandara menjadi melayani jamaah haji asal Lampung sebagai bandara embarkasi haji penuh. Dalam waktu dekat, gubenur Lampung akan menemui Kementrian Agama, Kementrian Perhubungan, dan Kementrian BUMN, untuk mewujudkan Bandara Radin Inten II Branti sebagai embarkasi haji penuh. Pada Maret 2017, rencanakan Presiden Joko Widodo akan meresmikan Bandara Radin Inten II hasil renovasi dan ujicoba lancasan pacu yang sudah diperpanjang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement