Sabtu 11 Feb 2017 12:07 WIB

Pemkot Solok Berangkatkan 85 Calhaj pada 2017

Ibadah haji
Foto: Reuters
Ibadah haji

IHRAM.CO.ID, SOLOK -- Pemkot Solok, Provinsi Sumatera Barat, memberangkatkan 85 calon jamaah haji (CJH) untuk pemberangkatan haji pada Agustus 2017. Namun, jumlah ini kemungkinan masih berubah mengingat kepastian berapa yang akan diberangkatkan lebih jelas setelah mereka membayar pelunasan biaya haji pada akhir Mei 2017.

Kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Solok, Elta Suryati, jumlah 85 CJH ini baru kuota dasar. Sedangkan, untuk kuota tambahan masih menunggu keputusan dan surat resmi dari Kementerian Agama dan jika sudah jelas baru bisa diteruskan kepada masyarakat.

Pada 2016 tercatat sebanyak 96 jamaah haji asal Kota Solok, namun terjadi pengurangan pada 2017 disebabkan kuota untuk Sumatera Barat mengalami pemotongan sebanyak 20 persen. Elta mengatakan, ada kemungkinan penambahan kuota haji untuk Sumbar tapi masih menunggu regulasi dari pemerintah.

Sebelumnya kuota haji Sumbar mencapai 4.500 orang, tapi tahun 2017 hanya 3.600 CJH. Dia mengatakan, para CJH terus diingatkan agar menjaga kondisi kesehatan supaya pada pemeriksaan kesehatan terakhir nantinya semua dalam keadaan baik.

Kemenag Solok sudah melakukan pemeriksaan awal terhadap CJH untuk mengetahui kondisi kesehatannya dan mencegah hal yang tidak diinginkan di tanah suci nantinya. Dari pemeriksaan awal itu sejauh ini semua CJH asal Kota Solok dalam keadaan baik, tidak ditemukan ada yang mengalami masalah kesehatan serius.

Terkait biaya perjalanan haji tahun ini masih berkisar antara Rp30-35 juta. Dari jumlah dana itu akan dikembalikan kepada jamaah (living cost) sebesar 1.500 real untuk membayar dan atau denda serta keperluan lainnya. Untuk pelaksanaan manasik haji terdapat tiga Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang dapat dipilih secara bebas oleh CJH. Pemkot Solok juga direncanakan memberikan bimbingan tambahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement