Selasa 14 Feb 2017 11:05 WIB

KBIH Haji Sepanjang Hayat Gelar Manasik Haji Perdana

Seorang pemandu manasik haji sedang memberikan panduan kepada calon jamaah haji (Ilustrasi)
Seorang pemandu manasik haji sedang memberikan panduan kepada calon jamaah haji (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, BATAM -- Kasubag Tata Usaha Kementerian Agama Kota Batam H Muhammad Dirham SAg memberikan bimbingan manasik haji kepada 15 calon jamaah haji asal Kota Batam di Asrama Haji Batam Center Kecamatan Batam Kota. Manasik haji tersebut di selenggarakan oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Haji Sepanjang Hayat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Kota Batam.

Sebagaimana diketahui bahwa KBIH Haji Sepanjang Hayat yang dibentuk oleh IPHI Kota Batam tergolong baru di Kota Batam. Keberadaannya baru tahun ini terbentuk. Sebelumnya tidak ada.

"Ya, KBIH Haji Sepanjang Hayat baru beberapa bulan terbentuk. Kami membentuk ini disebabkan kami merasa terpanggil untuk membantu para calon jemaah haji agar mampu menjadi jamaah yang mandiri dalam menunaikan ibadah haji di tanah suci dan tentunya harapan terakhir menjadi haji yang mabrur, ucap Sekretaris KBIH Sepanjang Hayat, Zakaria di Kantor Kemenag Batam, Senin (13/2) siang.

Dijelaskannya, walaupun tergolong baru, KBIH Haji Sepanjang Hayat sudah mendapatkan 15 orang calon jamaah haji asal kota Batam yang akan berangkat pada tahun ini. Menurutnya, bimbingan yang akan diberikan kepada calon jamaah haji yang ikut dengan KBIH-nya akan mendapatkan 15 kali bimbingan dengan komposisi 40 : 60. "Artinya 40 persen materi dan 60 persen praktik. Bimbingan yang dilaksanakan pada Sabtu (11/2) yang lalu merupakan bimbingan yang perdana. Insya Allah masih ada 14 kali bimbingan lagi," tuturnya.

Disinggung biaya yang dikeluarkan oleh calon jamaah yang ingin mendapatkan bimbingan manasik dari KBIH Haji Sepanjang Hayat, Zakaria mengatakan, bahwa pihaknya hanya membebankan biaya sebesar Rp 1,6 juta per jamaah. Dia menghimbau, kepada calon jamaah haji agar bergabung bersama KBIHnya, karena para instruktur merupakan orang-orang pilihan yang memang ahli dibidangnya.

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement