Kamis 23 Feb 2017 04:19 WIB
Catatan Ahmad Baluki (Ketua Umum HIMPUH)

Mitos Ular dan Tulah Ka’bah: Pejabat Orba Naik Haji

Masjidil Haram tempo dulu.
Foto: Gahetna.nl
Masjidil Haram tempo dulu.

Tak bisa dipungkiri semua agama, ideologi, atau isme lainnya bisa berkembang karena pengaruh politik  kekuasaan. Kenyataan terjadi di seluruh dunia --juga terjadi di Indonesia-- dalam kurun sejarah manapun. Fakta ini jelas nyata di depan mata pascatragedi perang saudara di tahun 1965. Mulai saat itu semua kalangan agama menikmati berkah setelah tumbangnya kekuatan politik yang gemar berkoar-koar 'agama tak lebih sekedar sebagai candu belaka.'

Tak hanya umat Islam yang mendapat berkah, di Jawa misionaris Kristen pun menangguk untung dengan masuknya lebih dari dua juta orang ke agama mereka. Namun, di pihak lain, penganut Islam pun mendapat berkah baik secara kualitas dan kwantitas jumlah penganutnya pun ikut melambung secara signifikan.  Paling tidak sebagian besar penduduknya di KTP masing-masing tertera beragama Islam.

Gaung adzan yang sebelum peristiwa jahanam itu terdengar sayup-sayup, semenjak usai peristiwa semakin hari semakin bertambah keras serta muncul di mana-mana. Meski ada jargon ‘Islam yes dan partai Islam no’ pengajian terus berlangsung semarak. Masjid, langgar, forum pengajian kebanjiran jamaah. Sebutan pejoratif terhadap segala hal yang berbau agama yang sebelumnya sangat kencang bertiup seperti menguap begitu saja. Pembagian kaku 'Trikotomi' --priyayi, abangan, dan santri-- ala Clifford Geertz dalam masyarakat Jawa misalnya menjadi berantakan. Mereka yang dulu diyakini sebagai strata sosial yang tak mungkin bisa menyaty, ternyata mampu luruh dan  kemudian beralih menjadi kaum santri.

Dan kini, seperti kemudian ditulis sejarawan Australia, MC Ricklefs: semenhak itu penetrasi Islam di Jawa makin semakin kencang dan kian mendalam. Dan kini, malah sudah merasuk sedemikian jauh sehingga tak ada kemungkinan untuk balik lagi!

Kenyataan tersebut tampak nyata bila memperhatikan situasi sosial di wilayah ‘pedalaman Jawa’ . Tiba-tiba setiap kali ada perkumpulan, misalnya untuk acara hajatan di kampung-kampung, kaum ibu hampir semuanya sudah mengenakan jilbab. Sesuatu yang amat jarang terlihat di awal dekade 70-an. Kesannya, dari omongan dari hati ke hati dengan para kaum ibu itu mereka mengatakan tak pantas bila datang dengan kepala ‘bondolan’ (tak tertutup/plontos).

Lalu apa dan kapan ciri dari penetrasi Islam yang makin dalam? Jawabnya mudah sekali. Lihat saja pada daftar antrean naik haji yang di berbagai kabupatan di Jawa yang sudah lebih dari 20 tahun. Di Jawa Tengah misalnya, kalau anda daftar haji sekarang maka anda baru bisa berangkat pasca tahun 2030, bahkan 2036. Setiap tahun ada sekitar 2.000 orang jamaah yang akan naik haji. Jelas sebuah masa tunggu dan jumlah jamaah yang fantastis. Ini berbeda sekali dengan masa pertengahan 1970-an, yang saat itu jamaah haji pertahunnya yang tak sampai 100 orang dan bila mendaftar maka langsung bisa berangkat pada tahun itu juga. Tak ada antrean mengular berbilang puluh tahun seperti sekarang.

Dan yang paling nyata lagi, meski di masa awal hingga tahun akhir 1980-an, dakwah Islam begitu direpresi dengan berbagai macam aturan mulai dari pendataan ulama, pelarangan ceramah/khutbah, hingga tuduhan aksi teroris hingga makar, namun diam-diam para pejabat pemerintah Orde Baru mulai tertarik untuk pergi haji. Gairah keIslaman yang ada di arus bawah ternyata berimbas kepada mereka yang ada di lapisan atas.

‘’Memang awalnya seperti tak mungkin. Tapi semenjak akhir dekade 1970-an, para pejabat Orde Baru mulai tertarik naik haji,’’ kata Ketua Umum Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji  Khusus (HIMPUH), Baluki Ahmad.

Menurut dia, awalnya memang tak bisa percaya bila semua itu terjadi mengingat begitu kautnya Islamofobia yang tertanam di benak publik sejak zaman kolonial. Namun, faktanya dari tahun ke tahun jumlah jamaah haji terus bertambah. Masih minimnya pemahaman mereka terhadap ajaran Islam tak menghalangi mereka menyempurnakan keimanan dirinya. Banyak sekali yang belum shalat, tak puasa di bulan Ramadhan, apalagi membayar zakat. Istilah jawanya Islam model ‘rubuh-rubuh gedang’ atau Islam orang awam yang cuma ikut-ikutan. Tapi mereka tetap berhaji, sebuah penyempurnaan identitas diri rohaniahnya yang di era sebelumnya hanya dilakukan oleh mereka yang disebut kaum santri.

’’Meski begitu, ternyata banyak juga pejabat yang bukan berasal dari kalangan santri yang saat itu tergerak hatinya ingin naik haji. Dan keantuiasan inilah yang kemudian mengispirasi munculnya bisnis penyelenggaran haji ONH Plus, atau Haji Khusus,’’  ujar Baluqi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement