Kamis 02 Mar 2017 17:30 WIB

Pidato di Depan Raja Salman, Setnov Minta Kuota Haji Ditambah

Rep: Fauziah Mursyid/ Red: Agung Sasongko
Ketua DPR Setya Novanto (kanan) bersama Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud yang akan memberikan pidato kenegaraan di Ruang Rapat Paripurna I di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (2/3).
Foto: Antara
Ketua DPR Setya Novanto (kanan) bersama Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud yang akan memberikan pidato kenegaraan di Ruang Rapat Paripurna I di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (2/3).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Setya Novanto meminta kemurahan hati Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz untuk kembali menambah jumlah kuota haji kepada Indonesia. Hal itu disampaikan Novanto dalam pidato sambutan kunjungan Raja Salman ke Gedung DPR pada Kamis (2/3).

Menurut Novanto, sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, penambahan kuota haji sangat penting bagi Indonesia mengingat animo masyarakat Indonesia dalam berhaji sangat tinggi.

Namun, kuota yang tersedia untuk Indonesia sangat terbatas. Hal ini pula kata Setnov, yang membuat antrian berhaji di Indonesia cukup panjang dan lama.

"Perlu kami sampaikan di Indonesia antrian berhaji ada yang menunggu sampai 25 tahun bahkan ada yang wafat selama dalam masa penantian. Kami yakin teriring doa dan harapan seluruh rakyat Indonesia, Sri Baginda Raja Salman akan menambah lagi kuota haji untuk umat Islam," ujar Novanto di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (2/3).

Meski begitu, Novanto juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Arab Saudi yang pada tahun 2017 ini mengembalikan kuota haji Indonesia yakni sebanyak 211 ribu, dan ditambah sekitar 10 ribu jamaah haji.

"Dalam konteks itu atas nama rakyat Indonesia, khususnya umat Islam kita sampaikan terimakasih dan penghargaan yang setulus-tulusnya atas kemurahan hati Sri Baginda Raja Salman yang telah menambah sehingga seluruhnya berjumlah 221 ribu jemaah," katanya.

Adapun kunjungan Raja Salman ke Gedung DPR RI, Jakarta pada Kamis (2/3) siang hanya berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Ia tiba sekitar pukul 13.05 WIB dan langsung disambut Ketua DPR RI, Setya Novanto menuju Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara DPR RI.

Di dalam ruangan, Raja Salman langsung disambut para hadirin dan juga disuguhi film pendek kunjungan Raja Arab Saudi, Faisal bin Abdulaziz yang pernah mengunjungi DPR 47 tahun yang silam.

Dari hadirin yang datang ke DPR, nampak sejumlah tokoh penting yang hadir diantaranya mantan Wakil Presiden Indonesia Try Sutrisno, Mantan Presiden Keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, dan Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie, mantan Ketua DPR RI Akbar Tanjung dan Agung Laksono. Selain itu juga, hadir pula para Menteri Kabinet Kerja dan Panglima TNI, Jendral Gatot Nurmantyo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement