Kamis 20 Apr 2017 13:43 WIB

UEA Selenggarakan Pameran Haji di Masjid Sheik Zayed

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agus Yulianto
Ratu Elizabeth II tengah berkerudung saat mengunjungi masjid besar Sheikh Zayed, Abu Dhabi. Saat ini, di masjid  tersebut tengah diselenggarakan pameran haji (Ilustrasi)
Ratu Elizabeth II tengah berkerudung saat mengunjungi masjid besar Sheikh Zayed, Abu Dhabi. Saat ini, di masjid tersebut tengah diselenggarakan pameran haji (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, ABU DHABI -- Pemerinta Uni Emirat Arab (UEA) akan menyelenggarakan pameran haji yang bertema "Haji: Memori Sebuah Perjalanan' yang dibuka (19/4) di Masjid Sheikh Zayed. Pameran ini hasil kerja sama dengan Otoritas Pariwisata dan Kebudayaan Abu Dhabi (TCA Abu Dhabi).

 

Dilansir dari Khaleej Times, Rabu (19/4), Wakil Perdana Menteri sekaligus Mneteri urusan Presiden Sheikh Mansour bin Zayed al Nahyan yang bertanggung jawab kegiatan ini. Dalam pameran tersebut akan menghadirkan kisah dan sejarah Makkah serta ritual haji. "Pameran ini bertujuan untuk menghidupkan kembali makna penting praktik ibadah selain untuk mengajarkan toleransi dan keragaman yang ada di Islam," katanya.

Ide pameran tersebut berasal dari persatuan pendiri bangsa Sheikh Zayed bin Sultan al Nahyan yang juga inisiator berhaji di UEA tahun 1979. Wakil Menteri Urusan Presiden dan Ketua Dewan SZGMC Ahmed Juma al Zaabi mengatakan, pameran ini diilhami oleh pemikiran iman Islam dan kebaikan kemanusiaan dan budaya yang telah diajarkan Sheikh Zayed.

"Nilai emosi melebihi nilai artistik dan arsitekturalnya masjid ini merupakan yang paling menonjol di negara ini," kata dia.

Ketua TCA Abu Dhabi Mohamed Khalifa al Mubarak mengatakan, jutaan orang Muslim pergi ke Makkah setiap tahun dari seluruh negara di dunia. Mereka ikut serta dalam ritual ibadah yang membawa mereka untuk rendah hati dan menjalin persatuan.

Pameran ini merupakan sebuah eksistensi dan adanya toleransi yang dibagi oleh pengalaman jamah Emirat selama ini. Pameran ini adakan digelar dalam bentuk sejarah lisan, beberapa foto, arsip, penggambaran rute dan jalur lama yang dipilih jamah haji UEA dan seluruh dunia ke UEA. Selain itu akan dikisahkan tantangan yang mereka hadapi selama perjalanan mereka.

Objek pameran nantinya berasal dari koleksi publik dan swasta baik dari UEA maupun negara lain di seluruh dunia. Dalam pameran juga tersedia penawasan program publik dan seminar pendidikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement