Kamis 27 Apr 2017 14:01 WIB

Saudi Beri Kuota Haji Tambahan kepada Iran 35 Persen

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Angga Indrawan
Ibadah haji
Foto: Reuters
Ibadah haji

IHRAM.CO.ID, TEHERAN -- Pemerintah Arab Saudi memberikan tambahan kuota haji terhadap Iran sebanyak 35 persen untuk dapat pergi ke Tanah Suci, Makkah. Penambahan kuota ini dihatapkan dapat memperbaiki bisnis penyelenggaraan ibadah haji Iran yang telah merosot tajam saat pemerintah setempat memutuskan tidak mengirim jamaah tahun lalu. 

Pada Rabu (26/4) waktu setempat, kantor berita Tasnim melaporkan bahwa Iran dan Saudi terlibat pembicaraan intensif selama beberapa bulan terakhir. Ini bertujuan untuk mengakhiri kebuntuan problem pengiriman jamaah haji yang sempat mendera kedua belah pihak. Penghentian pengiriman jamaah haji membuat turunnya jumlah agen travel penyelenggara haji di Iran. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Iran menghentikan pengiriman jamaah haji ke Saudi pada 2016. Iran menuding Saudi tidak mampu melindungi keamanan dan keselamatan jamaah. Hal ini menyusul terjadinya dua tragedi mematikan selama proses haji 2015 yakni peristiwa berdesak-desakan di Mina dan robohnya alat derek raksasa (crane) ke dalam kompleks Masjidil Haram. Peristiwa tersebut membuat sedikitnya 500 jamaah Iran meninggal dunia. Hingga kini, Saudi belum membayarkan uang santunan kepada seluruh keluarga korban meninggal ataupun jamaah yang mengalami luka-luka. 

Warga Iran yang akan berangkat pada musim haji 2017 adalah mereka yang sudah menunggu sejak 2006. Pemerintan Iran mengatakan apabila terus mengirimkan jamaah haji sejak 2015 sebanyak 80 ribu orang per tahun, maka orang-orang terakhir yang telah mendaftar harus menunggu giliran mereka selama 20 tahun. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement