Sabtu 06 May 2017 19:34 WIB

Kemenag Terus Perbaiki Konsumsi Katering Jamaah

Karyawan di salah satu dapur perusahaan katering tengah menyiapkan konsumsi bagi jamaah haji Indonesia di Madinah (Ilustrasi)
Foto: Republika/ Amin Madani
Karyawan di salah satu dapur perusahaan katering tengah menyiapkan konsumsi bagi jamaah haji Indonesia di Madinah (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Kementerian Agama menggelar workshop penyediaan konsumsi (katering) bagi jamaah haji Indonesia di Kawasan Mahbas Jin, Makkah, Kamis (4/5) lalu. Kegiatan ini menjadi bagian upaya Kementerian Agama untuk meningkatkan kualitas layanan katering pada musim haji 1438H/2017M

Ketua Tim Penyedia Katering Arsyad Hidayat mengatakan, workshop yang kali pertama ini digelar agar ada persamaan persepsi di antara perusahaan penyedia konsumsi terkait menu bercitarasa Indonesia yang harus mereka siapkan. "Kegiatan ini diikuti oleh 28 perusahaan penyedia konsumsi di Makkah dan 13 perusahaan penyedia konsumsi di Madinah," ujar Arsyad Hidayat melalui pesan singkat, Sabtu (6/5).

Arsyad mengatakan, workshop diawali dengan presentasi seputar masakan Indonesia oleh ahli tim penyedia katering Kementerian Agama Mandradhitya Kusuma Putra. Di hadapan para koki perusahaan penyedia konsumsi, Dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung ini menjelaskan, gambaran umum masakan Indonesia, serta metode dan teknik memasak masakan Indonesia.

"Narasumber juga berbagi tentang beberapa bumbu masakan khas Indonesia dan teknik pengolahannya," jelas Arsyad.

Workshop yang berlangsung satu hari ini juga membahas seputar menu konsumsi jemaah pada musim haji 1438H/2017M. Pada bagian akhir, dilakukan coaching clinic pembuatan rendang. Sebanyak 15 perusahaan penyedia konsumsi diminta melakukan praktik memasak rendang yang hasilnya langsung dinilai oleh tim penyedia katering.

"Secara umum hasilnya bagus. Kualitas dan citarasa masakan mereka sudah baik, bahkan tiga di antaranya sangat baik," terang Arsyad. Kadaker Makkah pada musim haji tahun lalu ini menilai, kegiatan serupa perlu diadakan mendekati operasional haji.

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement