Rabu 17 May 2017 16:00 WIB

Umrah Ummat Program Pertama Koperasi Amphuri

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agus Yulianto
Amphuri lepas jamaah umrah
Foto: Republika/Ratna Ajeng Tejomukti
Amphuri lepas jamaah umrah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Seluruh travel di bawah naungan Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) membuat koperasi untuk program umrah murah. Sekretaris Koperasi Amphuri Muhammad Fauzan mengatakan program umrah murah, "Umrah Ummat", merupakan program umrah yang dibuat oleh koperasi Amphuri.

"Program ini merupakan program pertama koperasi Amphuri. Kami menginisiasi program ini karena melihat fenomena adanya masyarakat yang mengalami masalah penundaan berkali-kali bahkan penipuan umrah," kata dia kepada Republika.co.id, di bandara Soekarno Hatta, Rabu (17/5).

Fauzan yang juga Wakil Ketua Bidang Umrah Amphuri mengatakan, harga paket umrah murah ini merupakan program sosial untuk membantu masyarakat. "Harga Rp 15,9 juta merupakan harga standar minimal pelayanan umrah yang kami sediakan dengan pelayanan yang memuaskan," ujar dia.

Fauzan mengaku, harga paket yang terjangkau masyarakat ini karena kepercayaan baik penerbangan dan akomodasi Saudi kepada Amphuri. "Kami telah membuat nota kesepahaman dengan dua maskapai penerbangan untuk mendapat harga kursi penerbangan umrah spesial sehingga harga lebih murah," ujar dia.

Biaya tiket penerbangan umrah untuk pulang pergi paling murah adalah 800 dolar AS atau sekitar Rp 11 juta. Penerbangan ini dengan transit satu kali, sedangkan penerbangan tanpa transit minimal Rp 13 juta.

Selain itu, untuk akomodasi kamar hotel, Koperasi Amphuri telah memesan dalam jumlah besar sehingga bisa mendapatkan harga murah. Saat ini saja jamaah yang mendaftar baik yang sudah berangkat dan belum mencapai 3.000 jamaah. Sehingga hotel di Saudi percaya hotel selalu terisi.

"Paket ini murah tetapi tidak murahan, selama masih ada kursi kosong, mereka yang mendaftar hari ini bisa berangkat sesuai tanggal yang dipilih," ujar dia.

Amphuri memiliki satu sistem yang digunakan seluruh travel untuk mendaftarkan jamaah Umrah Ummat. Sehingga kesempatan jamaah yang mendaftar pada travel manapun bisa berangkat selama kursi masih kosong.

Umrah ummat ini berlangsung selama sembilan hari. Mereka akan mendapatkan fasilitas hotel bintang tiga. Madinah menggunakan hotel Makarim Plaza sekitar 200 meter ke Masjid Nabawi. Sedangkan di Makkah mereka menggunakan Hotel Fajar Badi sekitar 400 meter dari Masjidil Haram.

Sejak Maret, Koperasi Amphuri memberangkatkan empat kali dalam sebulan dengan satu pesawat. Khusus hari ini mereka memberangkatkan dua pesawat dengan minimal 10 travel yang memberangkatkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement